Analisis struktural genetik dalam cerpen "Ahdu asy-Syaithann" karya Taufiq Al Hakim / Khoirin Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis struktural genetik dalam cerpen "Ahdu asy-Syaithann" karya Taufiq Al Hakim / Khoirin Nikmah

Nikmah, Khoirin (2013) Analisis struktural genetik dalam cerpen "Ahdu asy-Syaithann" karya Taufiq Al Hakim / Khoirin Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci struktural genetik Ahdu Asy-syaithaan Taufiq Al Hakim. Cerpen Ahdu Asy-syaithaan merupakan salah satu dari puluhan karya sastra sastrawan sekaligus politikus asal Mesir Taufiq Al Hakim. Cerpen ini berisi tentang persekongkolan manusia dengan setan yang berawal dari sebuah perjanjian. Perjanjian yang muncul akibat ketidakpuasan seorang manusia atas hidupnya. Cerpen yang lahir pada tahun 1938 ini sebatas pengetahuan penulis hingga kini belum pernah dikaji berdasarkan tinjauan analisis struktural genetik. Oleh karena itu diperlukan pembahasan struktural genetik dalam cerpen Ahdu Asy-syaithaan karya Taufiq Al Hakim. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal berikut ini. Pertama struktur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Ahdu Asy-syaithaan. Kedua latar belakang kehidupan sosial Taufiq Al Hakim serta sejarah masyarakat saat itu berkaitan dengan genesis cerpen Ahdu Asy-syaithaan. Ketiga pandangan dunia yang terdapat pada cerpen Ahdu Asy-syaithaan. Keempat wujud totalitas cerpen Ahdu Asy-syaithaan. Dalam penelitian ini digunakan rancangan penelitian deskriptif kajian pustaka dengan pendekatan struktural genetik. Analisis struktural genetik dapat ditelusuri dengan cara melihat fakta kemanusiaan subjek kolektif pandangan dunia pengarang struktur karya sastra serta dialektika pemahaman dan penjelasan. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah human instrument. Dalam mengumpulkan data prosedur yang dilakukan adalah mengkaji cerpen terkait serta biografi pengarang. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi. Selanjutnya dilakukan penelitian yang dimulai dari tahap identifikasi data studi literatur menyusun desain penelitian melaksanakan penelitian dan menulis laporan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat kesimpulan. Pertama keseluruhan anasir intrinsik dalam cerpen Ahdu Asy-syaithaan saling memiliki keterkaitan. Kedua latar belakang kelahiran cerpen Ahdu Asy-syaithaan berkaitan erat dengan latar belakang pribadi Taufiq Al Hakim dan sejarah masyarakat pada saat itu. Hal ini tampak pada penokohan tokoh aku yang menempuh studi di Paris untuk memperdalam keilmuannya. Adapun latar belakang masyarakat terlihat pada penggambaran setan yang diibaratkan sebagai simbol elite pejabat yang cenderung menggunakan jalan sesat sebagai cara untuk menempuh keinginan pribadi. Ketiga ideologi idealis dengan karakter yang kuat tampak pada penokohan tokoh aku sedangkan pandangan tragik tampak pada cerpen Ahdu Asy-syaithaan karena adanya karakter manusia tragik yang melekat pada tokoh aku dan Faust. Keempat totalitas cerpen Ahdu Asy-syaithaan terletak pada keseluruhan anasir di dalam cerpen yang saling berkaitan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11253

Actions (login required)

View Item View Item