Pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 12 Lamongan / Shohiful Amin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 12 Lamongan / Shohiful Amin

Amin, Shohiful (2013) Pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 12 Lamongan / Shohiful Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amin Shohiful. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 12 Lamongan. Skripsi Pendidikan Bahasa Arab FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Asrori M.Pd (II) Syafaat S.Ag M.Ag Kata kunci Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Pelajaran Bahasa Arab Multimedia Interaktif. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pendidikan bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang disajikan Depertemen agama pada setiap jenjang pendidikan mulai dari TK MI MTs MA dan Perguruan Tinggi. Salah satu Standar Kompetensi dalam pembelajaran bahasa Arab memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana. Akan tetapi kondisi riil proses pembelajaran bahasa Arab yang terjadi tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk mendukung pembelajaran bahasa Arab tersebut diperlukan bahan ajar yang berbentuk media sebagai salah satu alternatif sumber belajar. Dengan adanya multimedia maka siswa akan terbantu dalam mengetahui dan memahami materi dengan baik. Dari wawancara diketahui guru bahasa Arab belum pernah menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran dan setuju jika dikembangkan pembelajaran bahan ajar melalui multimedia interaktif. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Prosedur Penelitian yang dilakukan yaitu pengumpulan data awal/analisis kebutuhan (need assessment) menyusun rancangan produk multimedia interaktif berisi tujuan pengembangan dan macam-macam materi yang ada di dalamnya mengembangkan rancangan produk multimedia interaktif serta pengevaluasian oleh ahli (dilakukan oleh beberapa ahli) diawali dengan validasi ahli media ahli materi guru bidang studi dari hasil validasi saran dan komentar validator tersebut bahan ajar ini direvisi kemudian diujikan pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 12 Lamongan. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Dari validasi ahli media diperoleh persentase 77 08% dan tergolong valid ahli materi diperoleh persentase 78% tergolong valid sedangkan Hasil uji coba kelompok kecil menggunakan 9 siswa diperoleh persentase 89 72% dan tergolong kategori sangat valid pada uji kelompok besar menggunakan 30 siswa diperoleh persentase 84 67% dan tergolong kategori sangat valid. Dari hasil tinjauan ahli uji coba kelompok kecil dan uji kelompok besar maka bahan ajar bahasa Arab dalam bentuk multimedia interaktif untuk siswa kelas VIII MTs dapat digunakan. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pemanfaatan media berupa multimedia interaktif dalam pembelajaran membuat siswa lebih tertarik untuk belajar yang kemudian dapat bermuara pada percepatan proses pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Untuk diseminasi sebelum disebarluaskan ke ruang lingkup yang lebih luas sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan sasaran yang ingin dituju dan disesuaikan dengan kurikulum yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11252

Actions (login required)

View Item View Item