Muhassinat lafsziyyah dalam surat as-sajdah, al-fath dan al-mulk / Susinta Lik Ana - Repositori Universitas Negeri Malang

Muhassinat lafsziyyah dalam surat as-sajdah, al-fath dan al-mulk / Susinta Lik Ana

Ana, Susinta Lik (2013) Muhassinat lafsziyyah dalam surat as-sajdah, al-fath dan al-mulk / Susinta Lik Ana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Jinas Saja dan Muwazanah. Al-Qur an merupakan Mu jizat Allah yang diberikan kepada Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril dengan jalan mutawatir dan bernilai ibadah bagi yang membacanya. Al-Qur an adalah kitab yang dijaga Allah dan diturunkan terakhir kalinya setelah kitab Taurat Zabur dan Injil. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendiskripsikan beberapa hal yang mencakup ragam Jinas ragam Saja dan Muwazanah dalam surat As-Sajdah Al-Fath dan Al-Mulk dan fungsi masing-masing ragamnya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa Jinas Saja dan Muwazanah yang ada dalam surat As-Sajdah Al-Fath dan Al-Mulk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrument utama (human instrumen) dan dibantu dengan pedoman analisis dokumen. Langkah-langkah yang dilakukan oleh penulis adalah (1) membaca surat As-Sajdah Al-Fath dan Al-Mulk (2) menandai data (3) mengelompokkan data Jinas Saja dan Muwazanah (4) mengklasifikasikan data ke dalam ragam Jinas ragam Saja dan Muwazanah. Untuk menjaga keabsahan data ini telah dilakukan 1) telaah dokumen secara terus menerus 2) memanfaatkan sumber di luar data yang dianalisis 3) pemeriksaan sejawat melalui diskusi 4) memeriksa kembali data penelitian dan catatan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga macam Muhassin t Lafdziyyah dalam surat As-Sajdah Al-Fath dan Al-Mulk ketiga macam Muhassin t Lafdziyyah yaitu Jinas Saja dan Muwazanah dengan rincian Jinas Ghairu Tam sebanyak 2 data. Saja sebanyak 24 (15 Saja Mutharraf 1 Saja murashsha dan 8 Saja Mutawazi). Sedangkan Muwazanah sebanyak 4 data. Penggunaan Jinas Saja dan Muwazanah dalam Al-Qur an surat As-Sajdah Al-Fath dan Al-Mulk berfungsi untuk menjadikan lafazh terdengar merdu mudah dibaca dan menyebabkan perasaaan pembaca atau pendengar bersatu dengan obyeknya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada beberapa pihak antara lain (1) pengajar bal ghah hendaknya menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif rujukan dalam pengajaran sastra di lembaga pendidikan (2) peneliti selanjutnya hendaknya penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan untuk mengadakan penelitian lanjutan tentang Jinas Saja dan Muwazanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item