Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kebonsari Sukun Malang / Lailatul Badriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kebonsari Sukun Malang / Lailatul Badriyah

Badriyah, Lailatul (2013) Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kebonsari Sukun Malang / Lailatul Badriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Bahasa Arab Ponpes Nurul Ulum. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab di PPNU Kebonsari Sukun Malang. Secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kurikulum PBA. (2) metode PBA yang digunakan (3) materi atau bahan ajar yang digunakan (4) media PBA yang digunakan (5) evaluasi PBA yang digunakan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah ustad dan ustadzah bahasa Arab yang berjumlah 13 pengajar para santri PPNU yang berjumlah 490 santri putri. Peneliti bertindak sebagai instrumen inti. Teknik pengumpulan data adalah observasi wawancara angket dan dokumen. Langkah-langkah analisis data (a) reduksi data (b) penyajian data dan (c) penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan temuan dilakukan (a) observasi terus menerus (b) mendiskusikan data dan hasil analisis dengan pembimbing (c) memeriksa kembali catatan lapangan secara cermat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum integrasi yang memadukan antara matapelajaran bahasa Arab dan matapelajaran madrasah diniyah lainnya seperti ilmu fiqih akhlaq dan tauhid (2) metode yang digunakan lebih mendekati dengan metode eklektik. Adapun beberapa metode yang digabungkan yaitu metode membaca metode terjemah metode tanya jawab. (3) Bahan ajar yang digunakan adalah buku madarij addurus al arobiyah jilid 1-4 karangan KH Bashori Alwi (4) Media berupa alat tulis dan papan tulis.(5) Evaluasi yang dilakukan ini adalah tes tulis dan tes lisan dan dilakukan 3 tahap yaitu ujian harian UTS dan UAS. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti memberi saran kepada (a) Lembaga pendidikan Pondok Pesantren Nurul Ulum agar menyediakan media pembelajaran berupa audio visual (CD berupa rekaman atau vidio) guna untuk mendukung proses pembelajaran (b) ustad dan ustadzah bahasa Arab agar membuat RPP sebelum mengajar dan membuat peraturan yang mengharuskan para pengajar dan santri aktif dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab baik di kelas maupun di luar kelas (c) peneliti selanjutnya bahwasannya penelitian ini masih terbuka peluang untuk dilakukan penelitian lanjutan guna untuk memperoleh hasil yang maksimal untuk perbaikan PBA di PP Nurul Ulum atau pondok lainnya. Seperti penelitian tentang media dan buku penunjang yang digunakan untuk PBA di PP Nurul Ulum. Dan dilihat dari sudut pandang yang berbeda seperti pengembangan media atau melakukan tindakan atau eksperimen dalam kelas sehingga lebih memperluas kajian seputar pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item