Penerapan pembelajaran kooperatif course review horay pada pembelajaran mufradat siswa kelas V MI Yaspumi Malang / Hakmi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif course review horay pada pembelajaran mufradat siswa kelas V MI Yaspumi Malang / Hakmi Kurniawan

Kurniawan, Hakmi (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif course review horay pada pembelajaran mufradat siswa kelas V MI Yaspumi Malang / Hakmi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Hakmi. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay (CRH) pada Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah YASPURI Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurul Murtadho M.Pd. (II) Ali Ma sum S.Pd. M.A. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay (CRH) Mufradat Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Model Course Review Horay (CRH) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang bersifat menyenangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berkompetisi secara positif dalam pembelajaran selain itu juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa serta membantu siswa untuk mengingat konsep yang dipelajari secara mudah. Berdasarkan hasil observasi di kelas V MI YASPURI Malang pembelajaran yang dilakukan guru belum menggunakan pembelajaran yang optimal guru cenderung menoton sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rata-rata nilai siswa 57 75 dengan ketuntusan 42 57% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 70 untuk hasil belajar dan 65% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu penelitian dengan menerapkan model Course Review Horay (CRH) ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kondisi awal pembelajaran bahasa Arab (2) proses pembelajaran mufradat dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan (3) aktifitas dan hasil belajar pembelajaran mufradat melalui model Course Review Horay (CRH) di MI YASPURI Malang. Penelitian tindakan kelas ini bersifat deskriptif kualitatif model kolaboratif. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI YASPURI Malang yang berjumlah 30 orang terdiri atas 14 siswa dan 16 siswi beserta guru bahasa Arab. Data pada penelitian ini terdiri atas dua macam (1) data kuantitatif dan (2) data kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui beberapa cara yaitu observasi wawancara tes angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode analisis kualitatif deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yan diperoleh saat penelitian. Tahap-tahap penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu (1) merencanakan tindakan (planning) (2) melaksanakan tindakan (action) (3) mengobservasi tindakan (observation) dan (4) merefleksikan tindakan (reflection). Hasil penelitian ini yaitu (1) kondisi awal pembelajaran bahasa Arab di MI YASPURI Malang yaitu guru masih menggunakan metode konvensional tanpa diselingi dengan model pembelajaran yang lain sehingga hasil belajar yang diharapkan belum maksimal (2) pelaksanaan pembelajaran model CRH terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus terdiri atas tiga kali pertemuan dengan rincian pertemuan pertama dan kedua untuk menerapkan tindakan sedangkan pertemuan ketiga untuk post test dan (3) Aktifitas belajar siswa kelas V MI YASPURI Malang pada mata pelajaran bahasa Arab mengalami peningkatan setelah diterapkan metode Course Review Horay (CRH). Hasil belajar siswa juga meningkat drastis dari rata-rata 50 53 dengan ketuntasan kelas 10 % sebelum tindakan (pre test) menjadi rata-rata 93 1 dengan ketuntasan kelas mencapai 100% pada akhir siklus II. Bersadarkan hasil penelitian penerapaan model Course Review Horay (CRH) dapat diterapkan pada mata pelajaran bahasa Arab karena dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dan diharapkan kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan cakupan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) sehingga tidak hanya terfokus pada pembelajaran mufradat saja tetapi berlanjut pada pembelajaran unsur bahasa Arab lainnya maupun kemampuan berbahasa lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item View Item