Muhassinat lafdziyah dalam syi'ir ya arham al-rahimin karya abdullah bin husain / Nadhiroh Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Muhassinat lafdziyah dalam syi'ir ya arham al-rahimin karya abdullah bin husain / Nadhiroh Rosyidah

Rosyidah, Nadhiroh (2012) Muhassinat lafdziyah dalam syi'ir ya arham al-rahimin karya abdullah bin husain / Nadhiroh Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci muhassinat lafdziyah syi ir ya arham al-rahimin. Syi ir merupakan suatu karya sastra yang dinamis sesuai dengan masanya. Syi ir yang disusun atas imajinasi dan khayalan penulisnya mampu membuat pendengarnya larut dalam keindahan syi ir itu sendiri. Ya Arham al-Rahimin merupakan salah satu syi ir yang populer. Berdasarkan hal di atas penulis tertarik untuk meneliti aspek muhassinat lafdhiyah dalam syi ir tersebut. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sebagai instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri sekaligus sebagai pengumpul data yang dibantu instrumen pembantu berupa tabel penjaringan data. Data penelitian ini adalah aspek muhassinat lafdhiyah berupa jinas muwazanah dan qafiyah. Adapun sumber data dalam penelitian ini berupa syi ir Ya Arham al-Rahimin karya Abdullah bin Husain yang terdiri atas 36 bait. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah teknik analisis struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 bait dari syi ir Abdullah bin Husain mengandung unsur jinas ghairu tam 18 bait mengandung unsur muwazanah dan 36 bait mengandung unsur qafiyah yang terdiri atas kata-kata qafiyah sebanyak 36 bait dan macam-macam qafiyah sebanyak 19 bait. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk memanfaatkan hasil penelitian ini untuk memperkaya keilmuwan dan kajian sastra yang sudah ada dan menjadikannya sebagai salah satu rujukan yang bermanfaat dalam pembelajaran sastra Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11243

Actions (login required)

View Item View Item