Unsur-unsur thibaq, muqabalah, dan jinas dalam surat al-Baqarah / Rohana Hanif Adawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Unsur-unsur thibaq, muqabalah, dan jinas dalam surat al-Baqarah / Rohana Hanif Adawiyah

Adawiyah, Rohana Hanif (2012) Unsur-unsur thibaq, muqabalah, dan jinas dalam surat al-Baqarah / Rohana Hanif Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci thibaq jinas muqabalah surat Al-Baqarah. Keindahan bahasa Al-Qur an telah menarik perhatian berbagai kalangan untuk melakukan berbagai penelitian kebahasaan. Hal tersebut dilakukan terhadap ayat-ayat suci Al-Qur an yang tidak lain adalah sebagai upaya untuk menggali mengapresiasi dan memasyarakatkan keindahan bahasa dan keagungan makna Al-Qur an. Surat Al-Baqarah merupakan surat yang terpanjang yang di dalamnya banyak ditemukan berbagai keindahan makna dan keindahan kata. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan sebaran unsur thibaq jinas dan muqabalah dalam Al-Qur an surat Al-Baqarah dan bentuknya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) yang menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah unsur thibaq jinas dan muqabalah yang terdapat dalam ayat-ayat Al- Quran Surat Al- Baqarah. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri sebagai human instrument (instrumen kunci). Untuk memperoleh data digunakan teknik pengumpulan data yaitu membaca Al-Quran Surat Al-Baqarah mencari unsur thibaq jinas dan muqabalah dalam Surat Al- Baqarah dengan memanfaatkan kitab Shafwatut Tafasir dan Tafsir Al-Munir serta memberi kode pada ayat yang mengandung unsur thibaq jinas dan muqabalah. Prosedur analisis data meliputi mentabelkan unsur thibaq jinas dan muqabalah dan menklasifikasikan berdasarkan bentuknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ayat-ayat Surat Al-Baqarah mengandung unsur-unsur thibaq sebanyak 71 sebaran muqabalah sebanyak sebaran dan jinas sebanyak 63 sebaran. (2) Dari segi bentuk dalam ayat-ayat Surat Al-Baqarah terdapat dua bentuk thibaq yang meliputi thibaq ijabi sebanyak 66 sebaran yang terbentuk dari isim sebanyak 36 sebaran fi il sebanyak 23 sebaran isim dan fi il sebanyak 3 sebaran huruf sebanyak 1 sebaran dan bentuk thibaq salbi sebanyak 8 sebaran yang masing-masing terbentuk dari fi il. Terdapat Bentuk muqabalah yang ditemukan dalam surat Al-Baqarah. Adapun bentuk jinas sebanyak 63 sebaran yang terdiri atas jinas laahiq sebanyak 3 sebaran jinas qalb ba dh sebanyak 1 sebaran jinas naqish muktanaf sebanyak 1 sebaran jinas muharraf sebanyak 2 sebaran dan mulhaq jinas sebanyak 56 sebaran. Saran untuk penelitian selanjutnya hendaknya para peneliti teks melakukan penelitian lebih lanjut tentang thibaq muqabalah dan jinas dalam teks lainnya seperti karangan yang berbentuk syi ir (puisi) atau natsr (prosa) serta ayat-ayat Al-Qur an dalam surat-surat yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item