Analisis buku teks bahasa Arab kelas V Madrasah Ibtidaiyah terbitan Erlangga ditinjau dari perkembangan psikologi kognitif anak / Nur'im Septi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks bahasa Arab kelas V Madrasah Ibtidaiyah terbitan Erlangga ditinjau dari perkembangan psikologi kognitif anak / Nur'im Septi Lestari

Lestari, Nur'im Septi (2012) Analisis buku teks bahasa Arab kelas V Madrasah Ibtidaiyah terbitan Erlangga ditinjau dari perkembangan psikologi kognitif anak / Nur'im Septi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis Buku Teks Buku Teks Bahasa Arab Kelas V Perkembangan Kognitif Anak. Buku teks memegang peranan yang sangat penting guru dapat saja mengajar tanpa buku teks tetapi untuk mengoptimalkan penggunaan waktu dalam kelas dan mengajarkan pola-pola bahasa yang essensial penggunaan buku teks masih sangat diperlukan. Buku teks sangat bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa. Bagi guru buku teks bahasa Arab dapat digunakan sebagai salah satu sumber materi pelajaran bahasa Arab sumber persiapan materi pelajaran bahasa Arab sumber pelengkap bahan pelajaran dan memperkaya pengetahuan guru bahasa Arab. Sedangkan bagi siswa sangat berguna sebagai sumber belajar yang dapat diulang kembali. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan Buku Teks Bahasa Arab Kelas V untuk Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Erlangga ditinjau dari Psikologi Perkembangan Kognitif Anak adapun tujuan khusus mendeskripsikan hal-hal berikut (a) Kesesuaian materi yang tersaji dalam buku teks bahasa Arab dengan psikologi perkembangan kognitif anak (b) Kesesuaian kegiatan pembelajaran yang tersaji dalam buku teks bahasa Arab dengan psikologi perkembangan kognitif anak (c) Kesesuaian latihan yang tersaji dalam buku teks bahasa Arab dengan psikologi perkembangan kognitif anak.Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Subjek penelitian adalah buku teks bahasa Arab kelas V MI terbitan Erlangga KTSP 2008 yang disusun oleh A. Syaekhuddien Halid Al-Kaf dan Jalal Suyuti. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen inti. Dalam penelitian ini terdapat instrumen penunjang dalam pengumpulan data berupa lembar analisis dalam bentuk tabel panduan. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumenter. Adapun tahap analisis data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (a) menyeleksi data yang layak dipakai sesuai dengan rumusan masalah yang diteliti (b) mengklasifikasikan data berupa materi kegiatan pembelajaran dan latihan-latihan yang terdapat pada buku teks bahasa Arab (c) data yang sudah diklasifikasikan diriview secara intensif agar memperoleh gambaran yang utuh serta menghubungkan data tersebut dengan kriteria yang telah dibuat sesuai dengan rumusan masalah (d) menyimpulkan hasil sesuai dengan data yang diklasifikasikan kemudian menyimpulkan hasil tersebut serta mengonsultasikan kepada para ahli atau pakar sehingga diperoleh kesimpulan yang benar serta dapat dipertanggung jawabkan. Kriteria kesesuaian materi pada buku teks dengan teori psikologi perkembangan kognitif anak ini adalah buku teks menyajikan materi percakapan pola kalimat dasar bahan bacaan latihan-latihan terpimpin (insya muwajjah) dan bahan pengayaan kosa kata. Kriteria tersebut merupakan aplikasi dari teori psikologi perkembangan kognitif anak menurut teori salah satu psikologi Swiss yaitu John Piaget yang menyatakan psikologi perkembangan kognitif anak SD/MI merupakan tahap Operasional Konkrit (usia 7-11 tahun) proses penting selama tahap ini adalah (a) pengurutan kemampuan untuk mengurutkan objek menurut ukuran atau ciri lain (b) klasifikasi kemampuan untuk memberi nama dan mengidentifikasi serangkai benda menurut tampilannya (c) decentering anak mulai mempertimbangkan beberapa aspek dari suatu masalah (d) reversibility anak mulai memahami bahwa jumlah atau benda-benda dapat diubah (e) penghilang sifat egosentris kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain.Hasil penelitian menunjukkan dalam buku teks semua materi sesuai dengan teori psikologi perkembangan kognitif anak sehingga dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran ALA. Adapun teori pembelajaran Vygotsky yaitu (a) menghendaki setting kelas kooperatif sehingga siswa dapat saling berinteraksi dan saling memunculkan strategi-strategi pemecahan masalah yang efekif dalam masing-masing zone of proximal development mereka (b) pembelajaran dalam menekankan scaffolding. Jadi teori belajar vigotsky adalah salah satu teori belajar sosial sehingga sangat sesuai dengan model pembelajaran kooperatif karena dalam model pembelajaran kooperatif terjadi interaktif. Pada penelitian ini ditemukan bahwa teori mengutamakan peran siswa untuk saling berinteraksi teori menghendaki setting kelas kooperatif dan teori menekankan scaffolding dalam kegiatan pembelajaran pada buku teks tidak terealisasikan. Dalam buku teks tidak ditemukan yang mengarahkan pada realisasi ketiga teori tersebut . Kegiatan pembelajaran di dalam buku teks ditemukan percakapan (hiwar) dan latihan mengarang membuat kalimat sederhana yang terdapat didalamnya unsur ketiga teori tersebut namun karena tidak disertai intruksi yang jelas bahan-bahan tersebut tidak ada manfaatnya. Dari tidak terealisasikan ketiga teori belajar tersebut pada kegiatan pembelajaran dalam buku teks maka dapat disimpulkan bahwa buku teks kelas V kurang sesuai dengan teori belajar perkembangan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan latihan pada buku teks kurang sesuai dengan teori psikologi perkembangan kognitif anak dan teori belajar. Karena terdapat teori-teori yang tidak terealisasikan dalam penyajian latihan-latihan pada buku teks serta tidak terdapat instruksi-instruksi yang jelas. Latihan percakapan tidak tersedia pada buku teks meskipun ada materi percakapan (hiwar) namun tidak disertai instruksi yang jelas sehingga tidak termasuk pada materi latihan yang dapat merealisasikan aspek penghilangan egosentris dengan teraplikasinya setting kelas yang menjadikan siswa saling berinteraksi dalam memecahkan permasalahan.Latihan membaca dalam buku teks tersajikan dalam bentuk teks bacaan dan menjawab pertanyaan berkenaan dengan teks bacaan. Teks bacaan untuk latihan teks membaca namun instruksi tidak jelas sehingga tidak termasuk pada materi latihan yang dapat merealisasikan pembelajaran yang menekankan scaffolding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item