Sebaran, tema dan hikmah di balik kisah nabi Isa as dalam Al-qur'an / Moh Ubaidillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Sebaran, tema dan hikmah di balik kisah nabi Isa as dalam Al-qur'an / Moh Ubaidillah

Ubaidillah, Moh (2012) Sebaran, tema dan hikmah di balik kisah nabi Isa as dalam Al-qur'an / Moh Ubaidillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci sebaran tema hikmah kisah Nabi Isa as al-Qur an. Salah satu isi dari kandungan Al-Qur an adalah kisah-kisah terdahulu (qashash al-Qur an). Kisah-kisah itu berisi informasi tentang tindakan kejadian tokoh/penokohan atau latar yang dinyatakan dalam beragam bentuk cerita. Kurang lebih seperempat bagian dari al-Quran berisi kisah-kisah. Kisah Nabi Isa as merupakan salah satu bagian cerita yang ada dalam al-Qur an. Pengisahan Nabi Isa as tidak terletak pada satu surah akan tetapi menyebar ke berbagai surah. Di dalam Al-Qur an kisah tersebut tidak ditampilkan sekali saja tetapi berulang-rulang. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai kisah Nabi Isa as dalam al-Qur an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran ayat-ayat tema-tema kisah dan hikmah dibalik kisah Nabi Isa as dalam al-Qur an. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah ayat-ayat al-Qur an yang menceritakan kisah Nabi Isa as. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari membaca literatur tentang kisah Nabi Isa as dalam Al-Qur an untuk menemukan ayat-ayat yang mendeskripsikan kisah Nabi Isa as dalam Al-Qur an dengan menggunakan tafsir M. Quraish Shihab dan Ibnu Katsir memilah milih ayat Al-Qur an menentukan tema lalu mendeskripsikannya dan memetik nilai-nilai moral yang terkandung dalam kisah Nabi Isa as versi Al-Qur an. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Kisah Nabi Isa as dalam Al-Quran tidak terletak pada satu surat tapi menyebar ke berbagai surah dalam Al-Qur an. Al-Qur an menampilkan kisah Nabi Isa di dalam 69 ayat dalam 14 surat. Kedua tema-tema Kisah Nabi Isa as dalam Al-Qur an berupa (a) kelahiran (b) mukjizat (c) ajaran (d) kerasulan dan kenabian (e) Penyaliban dan pengangkatan dan (f) ahli kitab. Ketiga Hikmah-hikmah yang ada pada kisah Nabi Isa as dalam Al-Qur an adalah penanaman nilai-nilai keimanan kesabaran dan sifat penolong. v vi Setelah melakukuan penelitian ini peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan kajian-kajian Al-Qur an agar menemukan pesan-pesan yang ada dibalik teks-teks suci ini. Peneliti menyadari penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan maka dari itu peneliti berharap kajian kisah Nabi Isa as untuk dikaji lebih detail dan komprehensif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item