Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang / Syamfa Agny Anggara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang / Syamfa Agny Anggara

Anggara, Syamfa Agny (2012) Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang / Syamfa Agny Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Project Based Learning menulis MTs Nurul Huda Malang Pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di kelas VII MTs Nurul Huda Malang masih terpusat pada guru yang menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan metode pengajaran yang monoton serta kurang berkembangnya kreativitas dan kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sebuah metode alternatif. Diantaranya pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model project based learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan secara objektif (a) penerapan pembelajaran menulis menggunakan model project based learning dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang (b) hasil peningkatan kemampuan menulis bahasa Arab dengan menerapkan model project based learning pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan tindakan kelas. Data peningkatan kemampuan menulis siswa setelah menggunakan model project based learning dalam penelitian ini diperoleh melalui proses belajar mengajar di kelas. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara observasi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII MTs Nurul Huda Malang. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII MTs Nurul Huda Malang. Dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa setelah diterapkan model project based learning (pre test 26 7 siklus I 60 8 siklus II 72 2 siklus III 80 2). Dengan demikian temuan ini bersifat afirmasi atas temuan-temuan yang sudah ada. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada para guru untuk mempertimbangkan model project based learning ini sebagai alternatif dalam pembelajaran. Adapun untuk peneliti lain peneliti yang ingin melakukan penelitian sejenis agar menggunakan model project based learning untuk kemampuan yang berbeda guna memperkaya khazanah keilmuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11228

Actions (login required)

View Item View Item