Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas XI SMAN 1 Malang / Fathiyah Alawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas XI SMAN 1 Malang / Fathiyah Alawiyah

Alawiyah, Fathiyah (2012) Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas XI SMAN 1 Malang / Fathiyah Alawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi think talk write kemampuan menulis SMAN 1 Malang. Keberhasilan dalam belajar bahasa Arab sebagai bahasa asing diantaranya tidak hanya sekedar bertumpu pada kurikulum akan tetapi juga pada model dan strategi pengajarannya. Selain itu terdapat 4 kemampuan berbahasa yang harus dikuasai termasuk kemampuan menulis. Menulis merupakan kemampuan yang kompleks karena melibatkan ketiga kemampuan yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat dan inovatif untuk memotivasi dan menarik minat siswa untuk belajar salah satunya strategi think talk write. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa arab siswa kelas XI SMAN 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini terdiri atas dua macam yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber primer yang terdiri dari guru dan siswa kelas XI SMAN 1 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes penyebaran kuesioner wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Peneliti merupakan instrumen utama yang terlibat langsung mulai pengumpulan data analisis hingga penyusunan laporan. Prosedur penelitian terdiri atas 4 tahapan meliputi a) perencanaan b) pelaksanaan c) pengamatan dan d) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut 1) proses pembelajaran siklus 1 menunjukkan bahwa pembelajaran kemampuan menulis bahasa Arab dengan strategi think talk write masih belum maksimal. Namun setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 pembelajaran berlangsung secara maksimal dan sesuai dengan apa yang direncanakan. Hal tersebut membuktikan bahwa strategi think talk write memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menulis bahasa Arab baik dari segi hasil maupun proses 2) hasil belajar kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas XI SMAN 1 Malang dengan strategi think talk write mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Nilai rata-rata siswa pada siklus 1 sebesar 54 83 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 75. Pada siklus 1 persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM sebesar 13 33 %. Persentase tersebut meningkat menjadi 90% pada siklus 2 dan hanya 10 % siswa yang mendapatkan nilai di bawah SKM. Saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu agar menggunakan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif terutama dalam pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan strategi think talk write. Sementara untuk peneliti yang mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk mengembangkan penelitian tentang strategi think talk write yang tidak hanya terfokus pada pembelajaran kemampuan menulis bahasa Arab saja tetapi berlanjut pada pembelajaran kemampuan berbahasa yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11226

Actions (login required)

View Item View Item