Pemanfaatan laboratorium bahasa multimedia dalam pengajaran kemahiran berbicara kelas X di SMA Negeri 1 Malang / Yusman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan laboratorium bahasa multimedia dalam pengajaran kemahiran berbicara kelas X di SMA Negeri 1 Malang / Yusman

Yusman (2012) Pemanfaatan laboratorium bahasa multimedia dalam pengajaran kemahiran berbicara kelas X di SMA Negeri 1 Malang / Yusman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengajaran laboratorium bahasa multimedia berbicara. Pengajaran kemahiran berbicara membutuhkan laboratorium bahasa multimedia sebagai media penunjangnya. Dengan menggunakan multimedia pembelajaran pengguna akan diajak secara langsung mencoba dan menggunakan simulasi yang tersedia dan juga pengguna akan mencoba secara langsung bagaimana sesuatu terjadi. Berbeda halnya jika materi yang disampaikan hanya melalui buku. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah pemanfaatan laboratorium bahasa multimedia dalam pengajaran berbicara di SMA Negeri 1 Malang (2) Bagaimana efektivitas pemanfaatan laboratorium bahasa multimedia dalam pengajaran berbicara di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X guru bahasa Arab dan laboran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara tes angket dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan (4) penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium bahasa multimedia sudah digunakan dalam pengajaran berbicara dan digunakan satu kali dalam satu minggu. Fasilitas yang digunakan dalam pengajaran kemahiran berbicara di dalam laboratorium bahasa multimedia meliputi home theatre televisi dan parabola serta mic wireless clip on. Dengan kelengkapan fasilitas yang ada di laboratorium bahasa multimedia siswa merasa tenang dan nyaman belajar bahasa Arab di laboratorium bahasa multimedia daripada belajar di dalam kelas. Materi yang disampaikan bervariasi mulai dari pemutaran video/film power point acara televisi hingga latihan percakapan. Laboratorium bahasa multimedia dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi siswa dalam memahami pelajaran. Selain itu hasil tes menunjukkan adanya kemajuan bagi siswa dalam belajar bahasa Arab. Namun meskipun motivasi belajar siswa bertambah akan tetapi penggunaan media dalam meningkatkan hasil belajar siswa belum maksimal hal ini dibuktikan dengan terbatasnya penggunaan home theatre. Selain itu hambatan yang diketahui yaitu kesulitan mengoprasikan peralatan. Dengan demikian pihak pengelola laboratorium bahasa multimedia agar terus mempertahankan sekaligus mengembangkan fasilitas-fasilitas yang ada. Sedangkan pengajar guru maupun tentor bahasa Arab agar juga mempertahankan menggunakan laboratorium bahasa multimedia sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item View Item