Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X SMAN 8 Malang berbasis web offline / Amalia Firdausia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X SMAN 8 Malang berbasis web offline / Amalia Firdausia

Firdausia, Amalia (2012) Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X SMAN 8 Malang berbasis web offline / Amalia Firdausia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Bahasa Arab Web Media Pembelajaran Baasa Arab Di era globalisasi ini proses belajar mengajar lebih maju karena didukung berbagai macam media pembelajaran baik manual maupun berbasis Tekhnologi Informasi ( TI ). Dewasa ini media yang paling digemari masyarakat adalah web. Dalam dunia pendidikan media berbais web semakin banyak digunakan akan tetapi dalam pembelajaran bahasa Arab masih jarang ditemukan. Oleh karena itu dibuatlah media pembelajaran bahasa Arab dengan sistem web offline dengan tujuan agar mudah diakses meskipun tidak konek internet. Media pembelajaran bahasa Arab berbasis web ini bisa digunakan dalam tiga tahap kegiatan pembelajaran yaitu (1) kegiatan pendahuluan (2) kegiatan inti (3) kegiatan penutup. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan produk pengembangan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X SMAN 8 berbasis web (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X SMAN 8 berbasis web (3) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X SMAN 8 berbasis web. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan R D atas Borg and Gall dengan modifikasi pada komponenkomponennya. Langkah-langkah penelittian pengembangan media pembelajaran ini adalah sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) uji ahli (4) revisi produk I (5) uji coba lapangan (6) revisi produk II. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X SMA berbasis web yang telah divalidasi. Media pembelajaran tersebut adalah media pembelajaran yang dirancang khusus untuk semua kemahiran berbahasa Arab yang meliputi (a) menyimak (b) berbicara (c) membaca (d) menulis dengan menggunakan software joomla1.5.20 akan tetapi ada pula software pendukung yang digunakan dalam proses pembuatan media ini yaitu XAMPP. Berdasarkan hasil uji ahli media diketahui tingkat validitas media pembelajaran 93 05%. Untuk hasil uji ahli materi produk pengembangan memiliki tingkat validitas 80 76% hasil dari guru pelajaran bahasa Arab yaitu 88 46%. Namun untuk menyempurnakan media ini peneliti merevisi produk berdasarkan saran ahli media dan materi. Dan secara keseluruhan persentase penilaian yang didapat dari hasil jawaban siswa adalah 82 98%. Hal ini berarti media pembelajaran bahasa Arab berbasis web offline ini valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11223

Actions (login required)

View Item View Item