Fitrianto, Teguh (2012) Pengembangan media video tutorial adobe photoshop untuk pembelajaran materi pengenalan bentuk desain dan ragam hias kaligrafi di Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Teguh Fitrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Adobe photoshop Video tutorial Kaligrafi Untuk mempermudah pembelajaran dibutuhkan sebuah media yang bisa digunakan sebagai alat penyampaian materi baik formal maupun nonformal. Secara umum menggunakan peralatan yang banyak dan bahan-bahan yang mahal. Karena itu pembuatan kaligrafi dibutuhkan suatu media efektif dan efesien yang tidak membutuhkan biaya yang banyak. Hal tersebut dilakukan agar peserta didik lebih mudah dan termotivasi dalam belajar dan pembelajaran desain dan ragam hias kaligrafi. Karena itu media video tutorial kaligrafi Adobe Photoshop menjadi penting untuk mempermudah pembelajaran desain dan ragam hias kaligrafi. Tujuan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan media video tutorial Adobe Photoshop untuk pengenalan bentuk-bentuk kaligrafi di jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (2) Mengetahui cara penggunaan media video tutorial Adobe Photoshop untuk pengenalan bentuk-bentuk kaligrafi di jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang bersifat deskriptif menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Uji lapangan dilaksanakan kepada Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran video tutorial Adobe Photoshop adalah sebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis bahan ajar (3) analisis kebutuhan mahasiswa (4) desain media (5) produksi (6) editing (7) prototipe media (8) validasi produk (9) uji coba produk (10) revisi dan penyempurnaan (11) tahap akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis data persentase. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti (human instrumen) sebagai instrumen kunci dan instrumen penunjang berupa angket. Hasil pengembangan dalam penelitian ini berupa produk DVD Video Tutorial Kaligrafi Adobe Photoshop yang telah divalidasikan kepada ahli materi dan ahli media yang dapat disimpulkan media ini telah valid dan layak untuk di uji coba lapangan. Berdasarkan uji materi yang telah dilakukan dari 5 aspek yang menjadi aspek penilaian diketahui bahwa 1 aspek penilaian dikategorikan valid adalah Kemenarikan materi. Dan 4 aspek penilaian dikategorikan cukup valid adalah (1) materi bisa menunjang SK KD dan indikator (2) kejelasan susunan kata/kalimat (3) kemudahan mahasiswa dalam memahami materi dengan video tutorial Adobe Photoshop (4) kepraktisan materi dengan video tutorial Adobe Photoshop Dan berdasarkan uji media yang telah dilakukan dari 10 aspek yang menjadi aspek penilaian diketahui bahwa 2 aspek penilaian dikategorikan valid adalah (1) bentuk tampilan menu pendahuluan (2) kesesuaian pemilihan warna teks. Dan 8 aspek penilaian dikategorikan cukup valid adalah (1) kejelasan animasi teks materi (2) kejelasan animasi teks media (3) pemilihan warna background (4) kemudahan pengoperasian (5) keterlibatan siswa dalam berinteraksi dengan tampilan media (6) kejelasan informasi yang disampaikan (7) kesesuaian tampilan aplikasi Adobe Photoshop (8) kelengkapan fitur dalam program. Angket yang diberikan kepada subjek lapangan terdiri atas 11 aspek penilaian. Setelah dilakukan uji coba lapangan diketahui bahwa semua aspek penilaian dikategorikan valid yaitu (1) saya senang belajar Kaligrafi dengan menggunakan media ini (2) video tutorial mudah dipahami dengan menggunakan media ini (3) media pembelajaran ini membantu dalam membuat Kaligrafi (4) media pembelajaran ini dapat meningkatkan semangat belajar (5) media ini menarik dalam segi bentuk (6) media ini menarik dalam segi isi (7) saya memperoleh karakteristik baru dalam segi bentuk media (8) tampilan dalam media ini menarik (9) pengoperasian media ini simple atau mudah bagi anda (10) media pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi saudara untuk belajar (11) apakah cara belajar dengan menggunakan media pembelajaran seperti ini perlu dikembangkan untuk mata kuliah lain . Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai referensi dan salah satu media belajar mahasiswa. Selain itu diharapkan dosen mengkaji ulang terhadap materi-materi di dalam media pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11217 |
Actions (login required)
View Item |