Penerapan permainan make a match untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Malang / Ahmad Nur Syadzili - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan make a match untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Malang / Ahmad Nur Syadzili

Syadzili, Ahmad Nur (2012) Penerapan permainan make a match untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Malang / Ahmad Nur Syadzili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca bahasa arab make a match hasil belajar. Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Keterampilan ini merupakan kegiatan memahami pesan yang tertuang dalam tulisan atau karya yang berupa artikel puisi dan teks-teks lain. Kegiatan membaca yang dilakukan secara efektif akan memiliki manfaat yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan di Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari kurang memicu minat siswa sehingga hasil belajar mereka kurang maksimal. Salah satu bentuk pembelajaran yang dapat memacu semangat belajar siswa adalah dengan menggunakan permainan. Tujuan penelitian ini secara umum adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui permainan Make a Match. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses pemecahan masalah yang dihadapi di kelas dilaksanakan secara bersiklus dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Malang yang sedang menempuh semester genap 2010/2011. Siswa berjumlah 40 siswa. Data penelitian ini berupa aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan permainan Make a Match serta nilai tes siklus I dan siklus II. Langkah penelitian diawali dengan observasi dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa Arab dan siswa Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari hingga akhirnya sampai pada kesimpulan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar tiap siklusnya. Siklus I memperoleh skor rata-rata 75 25 kemudian pada siklus II memperoleh skor rata-rata 93 66 dan sudah mencapai satandar ketuntasan minimum yaitu 80. Oleh karena itu disarankan bagi guru bidang studi bahasa Arab Madrasah Aliyah hendaknya menerapkan model permainan Make a Match karena terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab dan menciptakan inovasi dan variasi model pembelajaran selain yang telah diterapkan untuk meningkatkan kualitas PBA sesuai perkembangan pendidikan. Kepala Sekolah hendaknya mengikutsertakan guru bahasa Arab dalam pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian guru dalam PBA berbasis metode kooperatif dan pelatihan-pelatihan lain yang menunjang proses pembelajaran. Siswa hendaknya tetap bersemangat aktif dan kreatif dalam belajar begitu juga dalam mengikuti pembelajaran. Peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dengan diaplikasikan ke maharah bahasa Arab yang lainnya. Jurusan Sastra Arab untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan berbagai macam model pembelajaran yang inovatif dan kreatif utamanya diintegrasikan dengan permainan karena pembelajaran yang terintegrasi dengan permainan terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item View Item