Penggunaan model bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa MA Almaarif Singosari Malang / Oon Syukron Ma'mun - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa MA Almaarif Singosari Malang / Oon Syukron Ma'mun

Ma'mun, Oon Syukron (2012) Penggunaan model bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa MA Almaarif Singosari Malang / Oon Syukron Ma'mun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bermain peran kemampuan berbicara MA Almaarif Singosari. Pengajaran keterampilan berbicara seringkali terhambat oleh kurangnya kesempatan bagi siswa untuk belajar secara aktif karena proses belajar dan mengajar lebih banyak dengan metode ceramah. Perlu dilakukan tindakan untuk membuat pembelajaran berbicara bahasa Arab menjadi aktif salah satunya dengan bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan prosedur bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab di kelas XI Bahasa MA Almaarif Singosari Malang (2) mendeskripsikan aktivitas bermain peran kelas XI Bahasa MA Almaarif Singosari Malang dan (3) mendeskripsikan hasil belajar kemampuan berbicara siswa kelas XI Bahasa MA Almaarif Singosari Malang melalui model bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai/skor hasil belajar siswa selama berlangsungnya pengajaran kemampuan berbicara bahasa Arab dengan model bermain peran yang diterapkan oleh guru (peneliti). Sedangkan data kualitatif berupa aktivitas guru dan siswa dalam proses pengajaran kemampuan berbicara bahasa Arab dengan model bermain peran. Tindakan dilakukan sebanyak dua siklus siklus I terdiri atas tiga pertemuan dan siklus II terdiri atas dua pertemuan. Pada pertemuan pertama siklus I peneliti masuk untuk memberi kosakata baru dan pembuatan kalimat dengan bantuan gambar yang ditayangkan lewat LCD. Pada pertemuan kedua peneliti menerapkan pengajaran bahasa Arab dengan model bermain peran dengan memberi contoh ungkapan-ungkapan setiap tokoh yaitu dokter perawat pasien dan apoteker berupa percakapan kemudian guru (peneliti) membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk memerankan tokoh yang sudah ditetapkan kelompoknya dengan tema ash-shihhah secara lisan di depan kelas. Pada pertemuan ketiga guru (peneliti) melakukan penilaian setiap kelompok yang maju untuk memerankan tokohnya masing-masing di depan kelas. Pertemuan ini digunakan sebagai evaluasi untuk mengukur keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa dalam pembelajaran dengan menggunakan model bermain peran. Sedangkan pada pertemuan pertama siklus II guru menggabungkan antara pemberian kosakata baru dan contoh dengan praktek permainan peran dan pada pertemuan II guru melakukan evaluasi atas pelaksanaan tindakan pada siklus II. Hasil setelah dilakukannya pengajaran kemampuan berbicara bahasa Arab dengan model bermain peran adalah terjadinya peningkatan kemampuan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian keterampilan berbicara siswa pra tindakan iii dengan nilai rata-rata 81. Kemudian pada pertemuan I siklus I diperoleh nilai rata-rata 83 68 pada pertemuan II siklus I diperoleh nilai rata-rata 85 3 dan pada pertemuan III siklus I diperoleh nilai rata-rata 86 2. Sedangkan pada pertemuan I siklus II diperoleh nilai rata-rata 86 5 dan pada pertemuan II siklus II diperoleh 90 36. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan kepada kepala sekolah untuk memanfaatkan salah satu ruangan sebagai pusat pengembangan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa sedangkan peneliti menyarankan kepada guru mitra untuk menjadikan model bermain peran sebagai salah satu pengajaran alternatif agar metode pengajaran yang diterapkan lebih bervariasi dan kepada peneliti lain peneliti menyarankan untuk melakukan penelitian sejenis dengan menggunakan media berupa contoh pementasan drama berbahasa Arab dalam bentuk rekaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item View Item