Penerapan teknik bermain "little shop-road trip" untuk meningkatkan penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab siswa kelas IV MIN Malang 1 / Satriana Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik bermain "little shop-road trip" untuk meningkatkan penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab siswa kelas IV MIN Malang 1 / Satriana Utami

Utami, Satriana (2011) Penerapan teknik bermain "little shop-road trip" untuk meningkatkan penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab siswa kelas IV MIN Malang 1 / Satriana Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci teknik bermain Little Shop-Road Trip penguasaan kosakata MIN Malang I. Pembelajaran bahasa Arab di MIN Malang I mengacu pada penggunaan KTSP namun dalam penguasaan kosakata diperlukan suatu teknik baru dalam mengajar. Teknik yang dimaksud yaitu penerapan dalam bentuk permainan dengan teknik bermain Little Shop-Road Trip yang belum pernah dilakukan sebelumnya di sekolah. Teknik tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam memahami dan menambah tingkat ketelitian dalam mempelajari bahasa Arab secara maksimal dalam mengakses pembelajaran secara individu dengan bentuk yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan teknik bermain Little Shop-Road Trip untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa MIN Malang I dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan teknik bermain Little Shop-Road Trip dalam penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab untuk siswa kelas IV MIN Malang I. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Arab menggunakan permainan Little Shop-Road Trip . Sedangkan data kuantitatif berupa pemerolehan kosakata siswa setelah guru menggunakan permainan Little Shop-Road Trip dalam pengajaran bahasa Arab berbasis kosakata yang diwujudkan dengan nilai tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes (2) observasi (3) wawancara dan (4) angket. Rancangan tindakan yang dilakukan melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan tindakan atau pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Arab siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya teknik bermain Little Shop- Road Trip . Hal ini dapat dilihat pada hasil penilaian penguasaan kosakata bahasa Arab siswa ketika sebelum diterapkan teknik bermain Little Shop-Road Trip (menggunakan metode yang dipakai oleh sekolah) dengan rata-rata penilaian 68 77. Setelah diterapkan teknik bermain Little Shop-Road Trip pada siklus 1 rata-rata penilaian 73 29 kemudian pada siklus 2 rata-rata penilaian 85 71. Dalam hal ini terbukti bahwa dengan penerapan teknik bermain Little Shop-Road Trip dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. i ii Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada kepala sekolah hendaknya lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menambah sarana dan prasarana pembelajaran berupa media-media pembelajaran terutama metodemetode pembelajaran melalui permainan yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam penguasaan kosakata. Kepada guru agar lebih meningkatkan profesionalismenya dalam memilih metode atau media yang lebih bervariasi. Seperti permainan Little Shop-Road Trip dan permainan-permainan lainnya yang lebih menarik Sementara peneliti berikutnya yang ingin melakukan penelitian sejenis sebaiknya lebih mengembangkan lagi cakupan penelitiannya baik dalam segi metode maupun pengembangan media untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Arab sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

View Item View Item