Keefektifan model pembelajaran inkuiri terbuka dan learning cycle dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 3 Bontang / Imam Solohin - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan model pembelajaran inkuiri terbuka dan learning cycle dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 3 Bontang / Imam Solohin

Imam (2010) Keefektifan model pembelajaran inkuiri terbuka dan learning cycle dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 3 Bontang / Imam Solohin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Inkuiri terbuka learning cycle hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi Pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru merupakan salah satu faktor yang menyebabkan belum optimalnya kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa khususnya pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Bontang. Penerapan model inkuiri terbuka dan model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5E) diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran kimia siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model inkuiri terbuka dan model pembelajaran LC 5E dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia serta kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini mengunakan desain eksperimen faktorial 2 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Bontang yang berjumlah 132 siswa dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri atas 66 siswa yang terbagi dalam dua kelompok kelas. Kelompok pertama (33 siswa) dibelajarkan dengan model inkuiri terbuka kelompok kedua (33 siswa) dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 5E. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran.Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa 20 soal valid dengan reliabilitas 0 88. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan analisis statistik uji Anakova pada taraf signifikan 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model inkuiri terbuka dan model pembelajaran LC 5E mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran pemahaman konsep dan keterampilan proses serta sikap ilmiah siswa. (2) tidak terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara model inkuiri terbuka dan LC 5E dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa (3) terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara model inkuiri terbuka dan LC 5E dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Perbedaan keefektifan pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa ditunjukkan oleh rerata nilai postes jenjang C4-C6. Rerata nilai postes jenjang C4-C6 untuk siswa kelompok tinggi pada kelas inkuiri terbuka adalah 83 lebih tinggi dari rerata nilai yang diperoleh siswa kelompok tinggi pada kelas LC 5E yaitu 73. Sebaliknya nilai postes jenjang C4-C6 yang diperoleh siswa kelompok rendah pada kelas inkuiri terbuka adalah 47 jauh lebih rendah dibanding rerata nilai yang diperoleh siswa kelompok rendah pada kelas LC 5E yaitu 62.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112084

Actions (login required)

View Item View Item