Penerapan teknik brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Malang I / Lailiyana Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Malang I / Lailiyana Septiana

Septiana, Lailiyana (2011) Penerapan teknik brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Malang I / Lailiyana Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci teknik Brainstorming keterampilan berbicara MAN Malang I Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang sulit dikuasai dan dimengerti oleh kebanyakan siswa di sekolah. Untuk menjadikan bahasa Arab sebagai pelajaran yang mudah dan menyenangkan peneliti menerapkan teknik Brainstorming. Teknik Brainstorming adalah salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab dengan cara mencurahkan gagasan-gagasan ide-ide atau pendapat-pendapat yang dimiliki siswa tentang suatu topik yang diajarkan dalam pelaksanaanya tidak ada kritik dan evaluasi atas pendapat-pendapat tersebut dilakukan di akhir. Dengan menggunakan teknik Brainstorming ini siswa diharapkan bisa belajar secara mandiri yaitu dengan cara mengemukakan ide-ide yang tidak hanya selalu mengandalkan guru. Jadi guru di sini berperan sebagai fasilitator dan pembimbing sekaligus motivator bagi siswa dalam memunculkan gagasan-gagasan atau ide-ide dalam pengajaran bahasa Arab khususnya untuk keterampilan berbicara. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) langkah-langkah penerapan teknik Brainstorming dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN Malang I (2) tahapan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab dengan menerapkan teknik Brainstorming pada siswa kelas X MAN Malang I (3) hasil penerapan teknik Brainstorming dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN Malang I. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik Brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN Malang I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung dan nilai peningkatan keterampilan berbicara siswa. Sumber data diperoleh dari siswa dan guru bahasa Arab MAN Malang I. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket pedoman observasi pedoman wawancara catatan lapangan dan tes. Hasil penerapan teknik Brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa mengalami peningkatan yang baik. Pada siklus I hasil yang diperoleh dengan nilai rata-rata kemampuan siswa 76 1 dan nilai rata-rata ketuntasan siswa sebesar 79 4%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai dari siklus I yaitu dengan nilai rata-rata kemampuan siswa 78 dan rata-rata ketuntasan siswa sebesar 91 1%. Sedangkan pada nilai ulangan harian sedikit ada penurunan yang tidak terlalu signifikan dari nilai siklus II yaitu dengan nilai rata-rata kemampuan dan ketuntasan siswa menjadi 77 1 dan 85 2%. ii Dengan menerapkan teknik Brainstorming dalam pengajaran bahasa Arab untuk keterampilan berbicara dapat meningkatkan antusiasme dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab khususnya untuk keterampilan berbicara sehingga keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN Malang I pun mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan kesimpulan dikemukakan saran-saran kepada (1) kepala sekolah hendaknya mengikutsertakan guru-guru bahasa Arab dalam pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian guru dalam menerapkan metode pembelajaran dan menerapkan teknik Brainstorming sebagai salah satu metode pengajaran di semua mata pelajaran tidak terkecuali bahasa Arab (2) guru bahasa Arab diharapkan menggunakan teknik Brainstorming sebagai salah satu metode pengajaran bahasa Arab yang dapat diterapkan di dalam kelas dan seharusnya mengajarkan empat keterampilan berbahasa Arab secara bergantian dan merata tidak lebih dominan kepada salah satu atau dua keterampilan saja (3) siswa hendaknya lebih disiplin dan teratur dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan teknik Brainstorming dan lebih antusias dan rajin dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item