Penerapan latihan bermakna dengan menggunakan media papan saku untuk meningkatkan hasil belajar pola kalimat bahasa Arab siswa kelas X-4 Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang / Fenny Yuliana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan latihan bermakna dengan menggunakan media papan saku untuk meningkatkan hasil belajar pola kalimat bahasa Arab siswa kelas X-4 Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang / Fenny Yuliana Dewi

Dewi, Fenny Yuliana (2011) Penerapan latihan bermakna dengan menggunakan media papan saku untuk meningkatkan hasil belajar pola kalimat bahasa Arab siswa kelas X-4 Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang / Fenny Yuliana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci latihan bermakna papan saku pola kalimat hasil belajar. Metode merupakan salah satu komponen pembelajaran yang memiliki peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar begitu pula media pembelajaran. Salah satu latihan yang menarik dan cocok dalam mengajar pola kalimat bahasa Arab adalah latihan bermakna. Pada latihan bermakna ini siswa dikenalkan pola-pola kalimat melalui penyajian dalam konteks yang tepat dengan menggunakan media kartu dan papan saku. Pelatihan ini diharapkan dapat menarik siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan penerapan latihan bermakna dengan menggunakan media papan saku dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Arab siswa kelas X-4 MA Almaarif Singosari Malang 2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pola kalimat bahasa Arab siswa kelas X-4 MA Almaarif Singosari Malang dari penerapan latihan bermakna dengan menggunakan media papan saku. Penelitian ini dilakukan di MA Almaarif Singosari Malang tanggal 08-29 April 2011. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan terdiri dari empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi 4) refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti melakukan studi pendahuluan dengan melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran pola kalimat bahasa Arab di kelas X-4 MA Al-Maarif Singosari Malang yang selama ini sudah berlangsung. Selanjutnya peneliti menyiapkan beberapa perangkat yang dibutuhkan dalam penelitian yaitu RPP format observasi dan catatan lapangan pedoman wawancara membuat media kartu dan papan saku dan kamera. Pada tahap pelaksanaan peneliti bertindak sebagai guru. Penyajian materi diawali dengan pemberian contoh-contoh kemudian siswa bersama guru menyimpulkan kaidah pola kalimat tersebut. Latihan bermakna diterapkan dengan pemberian kalimat melalui media kartu dan papan saku kemudian diikuti dengan gambar siswa diminta mengubah kalimat tersebut sesuai dengan gambar. Selanjutnya guru meminta siswa membuat kalimat baru dengan pola yang telah dilatihkan. Tahap observasi dilakukan oleh peneliti dan dibantu oleh guru dan rekan sesama mahasiswa. Objek penelitian adalah kegaiatan dan respon siswa selama mengikuti pembelajaran. Tahap refleksi dilakukan setelah pertemuan berakhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-4 MA Almaarif Singosari Malang. Adapun instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sedangkan instrumen penunjangnya berupa lembar observasi tingkat responsif siswa catatan lapangan dan tes hasil belajar siswa. ii Penerapan latihan bermakna dengan menggunakan media papan saku dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Arab menarik minat siswa untuk semangat belajar bahasa Arab karena penerapan metode serta penggunaan media merupakan hal baru bagi siswa meskipun pada awal pertemuan hanya siswa lakilaki dan beberapa siswa perempuan saja yang antusias mengikuti kegiatan pembelajaran akan tetapi pada akhirnya sebagian besar siswa memiliki semangat tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran semangat siswa meningkat karena dilakukan refleksi pada tiap akhir pertemuan sehingga kekurangan-kekurangan pada pertemuan sebelumnya diusahakan untuk tidak terulang kembali. Guru berusaha mengajak siswa untuk selalu terlibat dalam kegiatan pembelajaran agar proses pembelajaran bisa dirasakan oleh semua siswa dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan latihan bermakna dengan menggunakan media papan saku dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Arab dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Nilai rata-rata siswa dari hasil pre test sebesar 63 72 nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I sebesar 68 72 dan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus II sebesar 82 11. Nilai rata-rata tersebut selalu meningkat pada tiap siklus dan nilai rata-rata tersebut tergolong memuaskan dibandingkan dengan nilai sebelum tindakan meskipun masih terdapat beberapa siswa yang nilainya belum mencapai KKM dan satu siswa yang belum bisa diketahui nilai hasil belajarnya. Namun secara keseluruhan hasil belajar pola kalimat bahasa Arab siswa kelas X-4 MA Almaarif Singosari Malang mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak madrasah hendaknya memberikan fasilitas dan dorongan kepada guru untuk mengembangkan diri dalam pengembangan penguasaan metode dan media guru hendaknya menerapkan metode yang lebih bervariasi serta menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Arab agar siswa tidak mudah jenuh dalam mempelajari bahasa Arab. Dengan menerapkan berbagai metode yang bervariasi serta menggunakan media maka siswa memiliki kesan dan minat yang tinggi terhadap bahasa Arab serta dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan dan Untuk penelitian selanjutnya hendaknya peneliti yang ingin melakukan penelitian tentang latihan bermakna lebih memperluas cakupan penelitiannya dengan menambah materi pola kalimat yang lain. Begitu pula media papan saku media ini dapat dikembangkan untuk pembelajaran yang lain misalnya untuk pembelajaran qiro ah mufrodat kalam ataupun kitabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

View Item View Item