Pengaruh penggunaan mind map dalam model pembelajaran braid based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi termokimia / Jumrotul Laili Mukaromah

Mukaromah, Jumrotul Laili (2020) Pengaruh penggunaan mind map dalam model pembelajaran braid based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi termokimia / Jumrotul Laili Mukaromah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mukaromah, Jumrotul Laili. 2019. Pengaruh Penugasan Mind Map dalam Model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Kemampuan Awal Berbeda pada Materi Termokimia. Tesis, Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D., (2) Prof. Dr. Subandi., M.Si. Kata kunci: Brain Based Learning, mind map, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, kemampuan awal Brain Based Learning adalah model pembelajaran berbasis penggunaan otak kanan dan kiri secara maksimal. Penggunaan Brain Based Learning akan lebih maksimal dengan meminta siswa menuliskan pemikirannya, salah satunya dengan menggunakan mind map. Mind map adalah alat untuk menunjukkan kemampuan siswa dalam memahami materi sebelumnya (kemampuan awal) dan mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi yang akan diterima. Siswa dengan pemahaman yang kurang baik diduga akan menunjukkan hasil belajar kognitif yang rendah, sehingga kemampuan berpikir kritis juga rendah. Jadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penugasan mind map dalam Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi termokimia Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu posttest only control group design dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Wonoayu, Sidoarjo tahun ajaran 2019-2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas yang telah diuji tingkat kesetarannya melalui ulangan harian stokiometri, ikatan kimia, dan hidrokarbon. Terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan Brain Based Learning berbantuan mind map, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan Brain Based Learning. Instrumen pengukuran berupa soal tes kemampuan berpikir kritis berupa esai dan hasil belajar kognitif berupa pilihan ganda beserta salah-benar. Validitas isi soal tes kemampuan berpikir kritis sebesar 91,5% dengan r=0,677, sedangkan tes hasil belajar kognitif sebesar 95,87% dengan r=0,890. Uji hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur dengan SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan Brain Based Learning berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan Brain Based Learning saja. Siswa yang berkemampuan awal tinggi akan memiliki kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah. Tidak adanya interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112060

Actions (login required)

View Item View Item