Pengembangan media permainan rufzah sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas X madrasah aliyah / Fika Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan rufzah sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas X madrasah aliyah / Fika Purnamasari

Purnamasari, Fika (2011) Pengembangan media permainan rufzah sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas X madrasah aliyah / Fika Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media permainan RufZah kosakata bahasa Arab Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang patut mendapatkan perhatian yang intensif dari guru pendidik. Untuk menjadikan siswa dapat memahami sertai memantapkan kosakata yang telah dipelajari diperlukan upaya yang terencana. Salah satu upaya untuk mencapainya adalah dengan mengembangkan media permainan RufZah sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup proses pengembangan media permainan RufZah tampilan produk media permainan RufZah serta cara pemanfaatan media RufZah sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah. Pengembangan media ini melalui beberapa tahapan yaitu (1) studi pendahuluan (2) desain produk (3) pengumpulan bahan (4) pengembangan produk (5) validasi meliputi uji ahli materi media dan uji lapangan dan (6) revisi produk. Pengembangan media permainan RufZah ini menghasilkan satu set media permainan RufZah dengan tiga komponen yaitu papan permainan RufZah pion RufZah dan buku petunjuk pemanfaatan RufZah. Penggunaan media ini diawali dengan pengedrilan kosakata dengan bantuan daftar kosakata yang disertakan pada buku petunjuk pemanfaatan RufZah. Hasil uji kevalidan media permainan RufZah oleh ahli media sebesar 89 28% dan hasil uji kevalidan oleh ahli materi sebesar 85%. Uji lapangan dilaksanakan di MAN 3 Malang kepada siswa kelas X dan guru mata pelajaran bahasa Arab. Hasil uji lapangan sebesar 86 24% dan hasil dari guru mata pelajaran bahasa Arab sebesar 85%. Jadi media permainan RufZah dinyatakan valid sebagai media pembelajaran kosakata bagi siswa kelas X Madrasah Aliyah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Arab untuk memanfaatkan media permainan RufZah ini sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan disarankan kepada pengembang selanjutnya untuk untuk mengembangkan media permainan RufZah dengan menyajikan beberapa set pion dengan tema yang berbeda-beda sehingga kosakata yang dipelajari semakin bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11206

Actions (login required)

View Item View Item