Pengaruh scaffolding dalam pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains pada materi laju reaksi / Fembriadi Santoso

Santoso, Fembriadi (2020) Pengaruh scaffolding dalam pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains pada materi laju reaksi / Fembriadi Santoso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Santoso, Fembriadi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E- Scaffolding terhadap Hasil Belajar kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Laju Reaksi. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Budiasih, M.S., (II) Dr. Nazriati, M.Si. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Scaffolding, Hasil Belajar Kognitif Siswa, Keterampilan Proses Sains, Laju Reaksi. Materi laju reaksi merupakan salah satu materi kimia yang rumit dan sulit dipahami. Kesulitan ini diakibatkan karena materi laju reaksi bersifat abstrak, konseptual dan algoritmik. Kesulitan siswa tersebut diharapkan dapat diatasi dengan mengadakan perbaikan proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model kontruktivistik, salah satunya model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E). LC 5E terdiri dari 5 fase pembelajaran, yaitu: 1) fase undangan, 2) fase eksplorasi, 3) fase eksplanasi, 4) fase elaborasi, dan 5) fase evaluasi. Adanya fase-fase dalam pembelajaran ini akan meningkatkan proses belajar siswa dan membantu siswa mengkonstruksi konsep secara sistematis. Model pembelajaran ini dapat dipadu dengan pendekatan scaffolding. Pendekatan scaffolding memungkinkan siswa belajar sesuai zone of proximal development (ZPD) yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran LC 5E-Scaffolding dan model pembelajaran LC5E pada materi laju reaksi, 2) mengetahui hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC5E-Scaffolding dan model pembelajaran LC5E, 3) mengetahui keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran LC 5E- Scaffolding dan dengan pembelajaran LC 5E. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Wonoayu pada tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling, sehingga didapatkan dua kelas yaitu siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan (silabus, RPP, LKS) dan instrumen pengukuran (lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes hasil belajar kognitif, dan soal keterampilan proses sains). Hasil belajar kognitif diukur dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal yang valid dengan reliabilitas tes sebesar 0,656. Keterampilan proses sains diukur dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal yang valid dengan reliabilitas tes sebesar 0,720. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik menggunakan uji-t dengan signifikansi sebesar 0,050 untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan model pembelajaran LC 5E-Scaffolding sebesar 97,53%dan model pembelajaran LC 5E sebesar 96,88%, 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 5E-Scaffolding (nilai rata-rata = 86) dengan model pembelajaran LC 5E (nilai rata-rata = 79) pada materi laju reaksi (nilai Sig = 0,000; Sig<&#945; (&#945; = 0,05)). 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 5E-Scaffolding (nilai rata-rata = 85,28) dengan model pembelajaran LC 5E (nilai rata-rata = 80,74) pada materi laju reaksi(nilai Sig = 0,043; Sig<&#945; (&#945; = 0,05)).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112059

Actions (login required)

View Item View Item