Pengaruh think pair share dalam model pembelajaran problem solving terhadap pengetahuan metakognitif, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sifat koligatif larutan / Sandi Limbanadi

Limbanadi, Sandi (2020) Pengaruh think pair share dalam model pembelajaran problem solving terhadap pengetahuan metakognitif, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sifat koligatif larutan / Sandi Limbanadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Limbanadi, Sandi. 2019. Pengaruh Think Pair Share dalam Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Pengetahuan Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. H. Subandi, M.Si., (2) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si Kata Kunci: metakognitif, problem solving, think pair share, sifat koligatif larutan Materi sifat koligatif larutan adalah materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan melibatkan pemahaman konseptual dan algoritmik. Pembelajaran materi sifat koligatif larutan membutuhkan pengetahuan metakognitif yang meliputi pengetahuan deklaratif yaitu pengetahuan dalam memberikan definisi konsep maupun prinsip, pengetahuan prosedural yaitu pengetahuan menggunakan prosedur untuk menyelesaikan suatu tugas yang menyangkut konsep dan perhitungan, dan pengetahuan kondisional yaitu pengetahuan dalam memadukan sejumlah konsep dalam struktur kognitif maupun strategi yang dibutuhkan dalam penyelesaian suatu masalah. Penyelesaian suatu masalah dibutuhkan keterampilan metakognitif yang terbagi menjadi dua indikator yaitu keterampilan perencanaan diri dan keterampilan evaluasi diri sehingga berakibat pada peningkatan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat memberdayakan metakognitif adalah pembelajaran think pair share dalam model pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membandingkan pengetahuan metakognitif, keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa, yang dibelajarkan dengan think pair share dalam model pembelajaran problem solving (PS-TPS) dan yang dibelajarkan dengan problem solving (PS). Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu posttest control group design dan terdiri dari dua kelas sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling dengan mempertimbangkan kemampuan awal siswa dan kesesuaian jadwal dari kelas yang dijadikan sampel. Populasi penelitian adalah siswa SMA N 1 Bolaang, dengan sampel adalah kelas XII Mia 1 sebagai kelas ekperimen (kelas PS-TPS) berjumlah 26 siswa dan kelas XII Mia 3 sebagai kelas kontrol (kelas PS) berjumlah 25 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran PS-TPS dan PS sedangkan variabel terikat yaitu pengetahuan metakognitif, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar kognitif. Pengetahuan metakognitif diukur dengan soal esay memiliki validitas isi 100%, reliabilitas 0,771 (tinggi) dan terbagi menjadi 3 jenis pengetahuan yaitu pengetahuan deklaratif, prosedural, dan kondisional. Keterampilan metakognitif diukur menggunakan angket keterampilan metakognitif yang memiliki koefisien reliabilitas 0,905 (sangat tinggi). Sementara hasil belajar kognitif diukur menggunakan soal pilihan ganda yang memiliki validitas isi sebesar 99,1% (sangat tinggi) dan koefisien reliabilitas 0,854 (sangat tinggi). Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis dimana uji prasyarat melalui uji homogenitas (uji Levene’s test) dan uji normalitas data (uji Shapiro Wilk), sedangkan uji hipotesis melalui uji independent sample t-test dan uji Pearson product-moment correlation. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 24.0 for windows dengan taraf kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran pada materi sifat koligatif larutan: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran PS-TPS terhadap pengetahuan, keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PS-TPS mempunyai pengetahuan, keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PS; (2) terdapat hubungan antara pengetahuan metakognitif dengan keterampilan metakognitif siswa dengan kategori kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112058

Actions (login required)

View Item View Item