Pengaruh model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif mahasiswa program studi pendidikan kimia, Universitas Khairun Ternate pada materi pencemaran lingkungan / Suratman S. Naim

Naim, Suratman S. (2020) Pengaruh model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif mahasiswa program studi pendidikan kimia, Universitas Khairun Ternate pada materi pencemaran lingkungan / Suratman S. Naim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Naim, Suratman. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Khairun pada Materi Pencemaran Lingkungan. Tesis. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D., (2) Dr. Aman Santoso, M.Si. Kata Kunci: lingkungan, challenge based learning, kognitif, berpikir kreatif Pencemaran lingkungan merupakan masalah yang sangat berhubungan dengan kehidupan manusia, sehingga perlu dipahami dengan baik oleh mahasiswa sebagai agen perubahan. Pembelajaran kimia lingkungan yang sering menyajikan teori tanpa kegiatan penyelidikan di lapangan menjadikan mahasiswa tidak mampu memberikan solusi terhadap masalah pencemaran lingkungan. Model yang memungkinkan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa menemukan solusi terhadap masalah lingkungan adalah model challenge based learning (CBL). Model CBL merupakan pengembangan dari PBL dengan penambahan stimulasi untuk mencari solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas keterlaksanaan proses pembelajaran, (2) pengaruh model CBL terhadap hasil belajar kognitif, dan (3) pengaruh model CBL terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu tipe nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari mahasiswa Pendidikan Kimia, Universitas Khairun angkatan 2016 yang menempuh mata kuliah Kimia Lingkungan pada tahun ajaran 2018/2019. Kelas ekperimen dibelajarkan dengan menggunakan model challenge based learning (CBL) dan kelas kontrol dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL). Data penelitian ini diantaranya keterlaksanaan proses pembelajaran yang diperoleh menggunakan lembar observasi, data hasil belajar kognitif yang diperoleh dari tes objektif yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda dengan validitas isi 77,08% dan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach 0,896, serta data kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari 8 soal essay terbuka dengan validitas isi 77,08% dan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach 0,893. Data hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney Test. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, keterlaksanaan proses pembelajaran pada kelas ekperimen yang menggunakan model challenge based learning (CBL) dan kelas kontrol yang menggunakan model problem based learning (PBL) berlangsung sangat baik. Kedua, pengaruh model challenge based learning (CBL) lebih baik dibandingkan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, secara statistik skor gain berbeda signifikan, 0,013. Ketiga, pengaruh model challenge based learning (CBL) lebih baik dibandingkan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, walaupun secara statistik skor gain tidak berbeda signifikan sebesar 0,937.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112057

Actions (login required)

View Item View Item