Pengaruh implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dengan strategi OE3R terhadap pemahaman konseptual (HOTS dan LOTS) siswa SMA pada materi ikatan kimia dan bentuk molekul / Galo Ayu Megga Nanda

Nanda, Galo Ayu Megga (2019) Pengaruh implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dengan strategi OE3R terhadap pemahaman konseptual (HOTS dan LOTS) siswa SMA pada materi ikatan kimia dan bentuk molekul / Galo Ayu Megga Nanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nanda, Galo Ayu Megga. 2019. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Strategi OE3R terhadap Pemahaman Konseptual (HOTS dan LOTS) Siswa SMA pada Materi Ikatan Kimia dan Bentuk Molekul. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sutrisno, M.Si., (II) Dr. Hj. Hayuni Retno Widarti, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Strategi OE3R, Ikatan Kimia, Bentuk Molekul, HOTS, dan LOTS. Pembelajaran kimia pada berbagai jenjang pendidikan harus sesuai dengan karakteristiknya sebagai sains yang dilandasi oleh penyelidikan seperti pembelajaran yang dilakukan secara inkuiri. Berbagai model atau strategi pembelajaran berbasis inkuiri telah dikembangkan, salah satunya OE3R (Orientasi-Eksplorasi-Eksplanasi-Elaborasi-Refleksi). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, (2) mengetahui pengaruh terhadap pemahaman konseptual siswa pada materi Ikatan Kimia dan Bentuk Molekul, (3) mengetahui pengaruh strategi OE3R dalam meningkatkan pemahaman konseptual, dan (4) memperoleh respon siswa terhadap implementasi strategi OE3R. Pemahaman konseptual yang dikaji dibedakan menjadi dua level, yaitu Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Lower Order Thinking Skills (LOTS). Penelitian ini dilakukan di SMA Kota Malang dengan rancangan eksperimen semu. Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik cluster random sampling yang dibedakan menjadi dua kelompok, yakni Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol. Kelompok Eksperimen (36 siswa) belajar dengan strategi OE3R dan Kelompok Kontrol (35 siswa) belajar dengan strategi Non-OE3R (konvensional). Analisis pelaksanaan pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan respon siswa diperoleh melalui angket. Pengaruh strategi OE3R terhadap pemahaman konseptual ditentukan berdasarkan skor tes akhir (post test). Instrumen asesmen yang digunakan terdiri dari 30 butir soal dengan nilai validitas 90,57 dan reliabilitas 0,935. Ada/tidaknya perbedaan pemahaman konseptual dianalisis secara statistik dengan Mann-Whitney U-test. Temuan yang diperoleh dari riset ini, yaitu: (1) Strategi OE3R sebagai salah satu pembelajaran berbasis inkuiri telah diimplementasikan dan terlaksana sangat baik untuk setiap tahapannya. (2) Ada pengaruh pembelajaran dengan strategi OE3R dan strategi Non-OE3R terhadap pemahaman konseptual pada level HOTS, namun tidak ada pengaruh pada level LOTS. Level berfikir HOTS dan LOTS siswa yang belajar dengan strategi OE3R masing-masing 84,00% dan 88,19%, sedangkan siswa yang belajar dengan strategi Non-OE3R masing-masing 58,29% dan 79,24%. (3) Dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Sebelum belajar dengan strategi OE3R jumlah siswa yang memperoleh skor di atas KKM sebesar 72,22% dan setelah belajar dengan strategi OE3R meningkat hingga 91,67%. (4) Melalui strategi OE3R, siswa menyatakan bahwa belajarnya bermakna (94,44%), belajar konsep dengan benar dan utuh (88,89%), lebih menyenangkan (72,22%), merupakan pembelajaran yang baru (80,56%) dan dapat diterapkan untuk topik lain pada mata pelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112056

Actions (login required)

View Item View Item