Pengembangan media pembelajaran kelas flipped berbasis animasi untuk meningkatkan critical thinking skill dan pemahaman konsep pada materi termokimia / Margaret Pandaleke

Pandaleke, Margaret (2019) Pengembangan media pembelajaran kelas flipped berbasis animasi untuk meningkatkan critical thinking skill dan pemahaman konsep pada materi termokimia / Margaret Pandaleke. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pandaleke, Margaret. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Kelas Flipped berbasis Animasi untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill dan Pemahaman Konsep pada Materi Termokimia. Tesis, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Univesitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Munzil, M.Si (2) Dr. Sumari, M.Si Kata Kunci : media pembelajaran, kelas flipped, critical thinking skill, pemahaman konsep. Pemahaman konsep dan critical thinking skill merupakan aspek penting dalam pembelajaran kimia. Mahasiswa perlu memahami konsep secara mendalam dan benar serta mampu menalar dan menyelesaikan masalah dikehidupan sehari hari. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang memungkinkan untuk memudahkan dan meningkatkan proses pembelajaran. Pembelajaran online memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam belajar dimana saja, selain itu sumber belajar dapat dengan mudah didapat. Pembelajaran flipped classroom adalah kegiatan dikelas dipindahkan secara online sedangkan pada saat tatap muka didedikasikan untuk mengaitkan konsep pada tingkat yang lebih tinggi melalui diskusi dalam kelompok. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media pembelajaram dengan model pembelajaran flipped classroom dan mengetahui efektifitas dari media pembelajaran yang dikembangkan terhadap pemahaman konsep dan critical thinking skillmahasiswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee & Owen dengan langkah-langkah tersebut yaitu: 1) assessment/analysis; 2) design; 3) development 4) implementation; 5) evaluation. Adapun subjek uji coba sebanyak 67 mahasiswa semester kedua Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang. Perangkat pembelajaran yang digunakan terdiri dari RPP dan media flipped classroom. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah dua puluh dua item soal pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep dan enam item soal uraian untuk mengukur critical thinking skill. Analisis data menggunakan kriteria Koch & Landis untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Uji efektivitas aplikasi media terhadap pemahaman konsep dan critical thinking skill mengunakan uji-Mann Whitney. Produk dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran flipped classroom pada materi termokimia dalam bentuk program aplikasi berupa file executable (*.exe). Media ini memiliki skor validasi sebesar 74 yang masuk pada kriteria layak. Terdapat perbedaan yang signifikan critical thinking skill dan pemahaman konsep antara flipped classroom dan kelas tradisional dengan nilai signifikasi uji Mann Whitneyadalah 0,00 dan 0,03. Nilai rata-rata flipped classrom dan kelas tradisional berturut-turut untuk pemahaman konsep adalah 73 dan 62 dan nilai rata-rata dan critical thinking skill adalah 74 dan 67.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112054

Actions (login required)

View Item View Item