Efektivitas diagram dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan literasi sains siswa pada pokok bahasan sifat keasaman larutan garam ditinjau dari kemampuan awal / Ahmad Faishal Anshory - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas diagram dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan literasi sains siswa pada pokok bahasan sifat keasaman larutan garam ditinjau dari kemampuan awal / Ahmad Faishal Anshory

Anshory, Ahmad Faishal (2019) Efektivitas diagram dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan literasi sains siswa pada pokok bahasan sifat keasaman larutan garam ditinjau dari kemampuan awal / Ahmad Faishal Anshory. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anshory Ahmad Faishal. 2018.Efektivitas Diagram I dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa pada Pokok Bahasan Sifat keasaman larutan garam Ditinjau dari Kemampuan Awal.Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs. I WayanDasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (2) Dr. H. Sutrisno M.Si. Kata kunci diagram I pembelajaran inkuiri terbimbing pemahamankonsep literasi sains sifat keasaman larutan garam kemampuan awal Ilmu kimia merupakan pengetahuan mengenai komposisi sifat dan perubahan materi dari eksperimen. Konsep dalam ilmu kimia harus berangkat dari kehidupan sehari-hari. Salah satu konsep kimia dalam kehidupan sehari-hari adalah sifat keasaman larutan garam.Pembelajaran kimia sebaiknya diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat menerima pelajaran kimia dengan baik. Salah satu model pembelajaran yang cocokadalahinkuiri terbimbing.Model pembelajaran inkuiri terbimbing sesuai dengan pendekatan saintifik sehingga membantu siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri.Pembelajaran inkuiri terbimbing sangat dianjurkan untuk menggunakan bermacam alat bantu yang dapat membantu siswa menghubungkan konsep dengan kegiatan praktikum. Alat bantu yang bisa ditambahkan adalah Diagram I karena dapat dipadukan dalam model inkuiri terbimbing yang terdapat kegiatan praktikumnya. Langkah-langkah pada Diagram I membantu siswa untuk menghubungkan kegiatan praktikum dengan teori. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadukan dengan Diagram I dapat diterapkan pada pokok bahasan sifat keasaman larutan garam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitasmodel pembelajaran dan kemampuanawalsertainteraksinyaterhadappemahamankonsep dan literasisainssiswapada pokok bahasan sifat keasaman larutan garam. Rancanganpenelitiansemu (quasy experimental design) digunakanpada penelitian inidenganmodel posttest only controlgroup design. Sampeldipilih menggunakan teknikrandom samplinguntuk memilih kelompok kontrol dan eksperimen.Kelompokkontrol menggunakan model inkuiri terbimbing dalam kegiatan pembelajarannya.Kelompok eksperimenmenggunakanmodel inkuiri terbimbingdengan Diagram Idalam kegiatan pembelajarannya.Kegiatan pembelajaran menggunakan instrumenpembelajaranyaitu RPP dan LKS. Setelah kegiatan pembelajaran selesai siswa diuji menggunakaninstrumenpengukuranberupa soal tespemahamankonsep danliterasi sains.Hasilpemahaman konsep dan literasi sainssiswadilakukan ujistatistikdenganbantuan program SPSS 21.0 for Windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1)pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan Diagram Ilebih efektif dibanding model inkuiri terbimbing (2) literasi sainssiswayang dibelajarkan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan Diagram I lebih efektif dibanding model inkuiri terbimbing (3) pemahaman konsep siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendahyang dibelajarkan menggunakan inkuiri terbimbing dengan Diagram I lebihefektifdibandinginkuiriterbimbing (4) literasi sains siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendahyang dibelajarkan menggunakan inkuiri terbimbing dengan Diagram I lebihefektifdibandinginkuiriterbimbing (5) tidakada interaksi antara kemampuan awal dengan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa (6) tidak ada interaksi antara kemampuan awal dengan model pembelajaran terhadap literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112052

Actions (login required)

View Item View Item