Pengembangan media pembelajaran berbasis adobeflash untuk mata kuliah Jughrofiya al-Alam al-Arabi wal Islami di Universitas Negeri Malang / Ahmad Musthofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis adobeflash untuk mata kuliah Jughrofiya al-Alam al-Arabi wal Islami di Universitas Negeri Malang / Ahmad Musthofa

Musthofa, Ahmad (2011) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobeflash untuk mata kuliah Jughrofiya al-Alam al-Arabi wal Islami di Universitas Negeri Malang / Ahmad Musthofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Adobeflash pendidikan dan peradaban Jughrofiya al-Alam al-Arabi wal Islami Elaborasi kemajuan di ranah komunikasi dan teknologi serta ditemukannya dinamika proses belajar membuat pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran dituntut untuk lebih variatif dalam menggunakan media pendidikan. Proses pembelajaran mata kuliah Geografi dunia Arab pada Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang (JSA UM) yang memuat berbagai materi dan pokok bahasan seperti letak geografis politik ekonomi pendidikan dan peradaban pada negara-negara Arab baik yang tersebar di benua Asia atau pun Afrika menuntut adanya pembelajaran yang tidak hanya dilakukan di kelas saja melainkan juga di luar kelas untuk menunjukkan objek nyata di lapangan. Oleh karena itu media pembelajaran berbasis Adobeflash merupakan suatu sarana yang dapat mengatasi keterbatasan ruang waktu dan daya indera yaitu dengan menampilkan berbagai objek fisik dan semua bagian yang ada di dalamnya tanpa harus melihat langsung di lapangan. Tujuan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobeflash untuk materi pendidikan dan peradaban di negara-negara Arab Asia pada mata kuliah Geografi Dunia Arab Jurusan Sastra Arab UM dan (2) menghasilkan cara penggunaan media pembelajaran berbasis Adobeflash untuk materi pendidikan dan peradaban di negara-negara Arab Asia pada mata kuliah Geografi Dunia Arab Jurusan Sastra Arab UM. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1979) yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) yang merupakan proses yang digunakan dalam mengembangkan dan memvalidasi produk-produk pendidikan. Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Geografi Dunia Arab berbasis Adobeflash adalah 1) melakukan penelitian dan pengumpulan informasi 2) melakukan perencanaan 3) mengembangkan dan memilih materi 4) mengembangkan produk awal 5) uji validasi 6) revisi atas produk utama 7) uji lapangan 8) produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis data persentase. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti (human instrumen) sebagai instrumen kunci dan instrumen penunjang berupa angket. Hasil pengembangan dan pembahasan penelitian ini adalah program aplikasi berbasis Adobeflash berbentuk DVD yang telah divalidasikan kepada ahli materi dan ahli media. Hasil akhirnya media ini telah valid dan layak untuk diuji cobakan di lapangan. Berdasarkan uji materi yang telah dilakukan dari empat aspek yang menjadi aspek penilaian diketahui bahwa semua aspek penilaian dikategorikan valid. Keempat aspek tersebut adalah (1) materi bisa menunjang SK KD dan tujuan umum (2) kejelasan susunan kata/kalimat (3) kemenarikan materi dan (4) kemampuan mahasiswa dalam memahami materi. Dan berdasarkan uji media yang telah dilakukan dari delapan aspek yang menjadi aspek penilaian diketahui bahwa diketahui bahwa tiga aspek penilaian dikategorikan valid yaitu (1) pemilihan objek gambar dan video (2) kejelasan objek gambar dan video dan (3) pemilihan warna background. Dan lima aspek penilaian dikategorikan cukup valid adalah (1) pemilihan font dan ukuran font (2) pemilihan warna teks (3) tata letak gambar video dan tulisan (4) desain dan tampilan dan (5) kemudahan penggunaan media. Angket yang diberikan kepada subyek lapangan terdiri dari sepuluh aspek penilaian setelah melakukan uji coba lapangan diketahui bahwa semua aspek penilaian dikategorikan valid yaitu (1) saya senang belajar mata kuliah Geografi Dunia Arab dengan menggunakan media ini (2) media pembelajaran ini mudah dipahami (3) media pembelajaran ini membantu dalam proses pembelajaran mata kuliah Geografi Dunia Arab (4) media pembelajaran ini dapat meningkatkan semangat belajar (5) media ini menarik dalam segi bentuk (6) media ini menarik dalam segi isi (7) tampilan dalam media ini menarik (8) pengoperasian media ini simple atau mudah bagi saudara (9) media pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi saudara untuk belajar (10) apakah cara belajar dengan menggunakan media pembelajaran seperti ini perlu dikembangkan untuk mata kuliah lain . Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar media pembelajaran ini digunakan dosen sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas dan dapat digunakan sebagai referensi dan salah satu media belajar mahasiswa baik di Universitas Negeri Malang dan universitas lain. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan materi dengan menambah jumlah bab (tema) dan dibuat dengan lebih menarik baik dari segi warna animasi atau yang lainnya. Selain itu diharapkan dapat melakukan uji coba produk pengembangan kepada subjek yang lebih luas dengan kurun waktu yang lebih lama sehingga didapatkan validitas media yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11203

Actions (login required)

View Item View Item