Pengembangan kartu kuartet sebagai media pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab bagi siswa kelas XI Madrasah Aliyah / Jumiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kartu kuartet sebagai media pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab bagi siswa kelas XI Madrasah Aliyah / Jumiati

Jumiati (2011) Pengembangan kartu kuartet sebagai media pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab bagi siswa kelas XI Madrasah Aliyah / Jumiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kartu kuartet pembelajaran kemahiran berbicara MA Bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib di madrasah mulai tingkat dasar sampai tingkat menengah. Untuk menjadikan siswa menyerap memahami serta menguasai materi bahasa Arab diperlukan usaha yang terencana dan sistematik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran untuk menarik minat siswa agar lebih menyukai pelajaran bahasa Arab. Media Kartu Kuartet sebagai media pembelajaran kemahiran berbicara dirancang dengan tehnik permainan dan dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan serta meningkatkan semangat siswa. Cara menggunakannya sangat mudah sehingga membuat siswa senang bermain sambil memikirkan jawaban dari berbagai pertanyaan dalam permainan edukatif ini. Karena pada saat siswa melakukan aktivitas permainan kartu kuartet siswa akan aktif bertanya jawab dan tanpa mereka sadari bahasa Arab yang mereka gunakan berangsur-angsur menjadi lebih familiar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mancakup pembuatan media kartu kuartet tampilan produk media kartu kuartet dan cara penggunaan media kartu kuartet. Data yang telah dikumpulkan yaitu berupa data validasi dari hasil uji ahli media dan uji materi serta hasil validasi dari uji lapangan yaitu dari guru dan siswa kelas XI MA Nurul Ulum Malang. Data tersebut diperoleh melalui angket dan hasil dari pengisian angket tersebut dirangkum dalam bentuk tabel validasi/ tinjauan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama pembuatan media kartu kuartet telah dilaksanakan melalui beberapa tahap dalam proses pengembangannya yaitu (1) analisis kebutuhan (2) memilih materi (3) mengembangkan produk (4) tahap produksi (5) tahap validasi (6) tahap revisi (7) uji lapangan. Kedua tampilan produk media kartu kuartet memiliki empat komponen yaitu tema tema/judul pertanyaan 1 gambar inti yang dimaksudkan didalam pertanyaan tiga gambar yang ukurannya lebih kecil terletak dibagian paling bawah kartu untuk menerangkan materi-materi dalam satu tema. Untuk mempermudah pengelompokan pengembang memberikan warna yang berbeda pada setiap kelompok tema. Kartu kuartet yang telah dikembangkan memiliki 8 tema dengan 4 pasang gambar pada setiap kartu. Ketiga cara penggunaan media kartu kuartet yaitu kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam setiap tahap pembelajaran tersebut siswa tidak hanya diajarkan berbicara menggunakan bahasa Arab akan tetapi dari media kartu kuartet ini perbendaharaan kosakata yang didapatkan siswa menjadi bertambah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Arab untuk menggunakan permainan kartu kuartet sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan disarankan kepada pengembang selanjutnya untuk mengembangkan kartu kuartet dengan variasi teknis permainan dan penggunaan kemahiran berbahasa yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11202

Actions (login required)

View Item View Item