Pengembangan media circular card untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama "Putri" Malang / Atiqatul Musyarofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media circular card untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama "Putri" Malang / Atiqatul Musyarofah

Musyarofah, Atiqatul (2011) Pengembangan media circular card untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama "Putri" Malang / Atiqatul Musyarofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media circular card membelajarkan kosakata MI Malang Bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib di madrasah mulai tingkat dasar sampai tingkat menengah. Untuk menjadikan siswa menyerap memahami serta menguasai materi bahasa Arab diperlukan usaha yang terencana dan sistematik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pengembangan media pembelajaran. Media pembelajaran diperlikan siswa untuk menarik siswa agar lebih menyukai bahasa Arab. Salah satu penulis memilih media circular card ini diantaranya yaitu media ini digunakan untuk memperkenalkan kosa kata baru atau pola kalimat baru atau untuk memantapkan pemahaman tentang bahan yang yang sudah diajarkan. Selain itu media circular card ini bisa mendorong siswa menggunakan bahasa Arab dalam dialog atau kegiatan interaktif berpasangan atau berbicara secara kelompok akan tetapi yang akan peneliti tekankan yaitu pada pengenalan kosakata. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mancakup pembuatan produk media circular card tampilan roduk media circular card cara penggunaan media circular card. Data yang telah peneliti kumpulkan yaitu berupa data validasi dari hasil uji ahli media dan uji materi serta hasil validasi dari uji lapangan yaitu dari guru dan siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama Putri Malang. Data tersebut diperoleh melalui angket dan hasil dari pengisian angket tersebut peneliti rangkum dalam bentuk tabel validasi/ tinjauan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Pembuatan media Circular Card telah dilaksanakan melalui beberapa tahap dalam proses pengembangannya yaitu (1) pengumpulan data (2) pengembangan produk awal (3) validasi desain (4) tahap revisi (5) uji lapangan (6) penyempurnaan produk akhir. Kedua media circular card memiliki tiga komponen yaitu tema empat pasang gambar dan kosakata yang berada belakang gambar dalam setiap lingkaran. Untuk mempermudah pengelompokkan pengembang juga memberikan warna yang berbeda pada setiap tema. Media circular card yang telah dikembangkan terdiri atas 12 tema dengan 4 pasang gambar dan kosakata pada setiap tema. Ketiga langkah-langkah penggunaannya diintegrasikan oleh tahap pembelajar yaitu kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam setiap tahap pembelajar tersebut siswa tidak hanya diajarkan akan pengenalan kosakata kata saja akan tetapi dari kosakata tersebut siswa dapat membuat kalimat sederhana dari kosakata yang telah diajarkan oleh guru atau bisa juga dikembangkan dalam bentuk dialog yang mana kosakata yang digunakan dalam dialog berasal dari kosakata yang telah diajarkan yaitu dari media circular card.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11194

Actions (login required)

View Item View Item