Pengembangan media kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator untuk kemahiran qira'ah dan kitabah siswa kelas XI Madrasah Aliyah / Hikmatin Rizqiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator untuk kemahiran qira'ah dan kitabah siswa kelas XI Madrasah Aliyah / Hikmatin Rizqiyah

Rizqiyah, Hikmatin (2011) Pengembangan media kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator untuk kemahiran qira'ah dan kitabah siswa kelas XI Madrasah Aliyah / Hikmatin Rizqiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan kuis interaktif kemahiran qira ah dan kitabah Wondershare Quiz Creator. Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah menciptakan berbagaipengembangan kuis interaktif kemahiran qira ah dan kitabah Wondershare Quiz Creator. media pembelajaran baru yang dianggap lebih menunjang proses pembelajaran di antaranya media yang berbentuk aplikasi kuis interaktif. Kuis interaktif adalah salah satu media alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Kuis interaktif digolongkan menjadi media berbasis komputer karena untuk menjalankannya diperlukan komputer. Kuis interaktif merupakan sebuah aplikasi yang memuat materi pembelajaran dalam bentuk soal atau pertanyaan. Yang memungkinkan siswa untuk meningkatkan wawasan mengenai materi pembelajaran secara mandiri hanya dengan sekali menekan tombol pada tampilan aplikasi. Tujuan pengembangan secara umum adalah untuk menghasilkan media kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator untuk kemahiran qira ah dan kitabah siswa kelas XI Madrasah Aliyah. Tujuan khusus pengembangan ini adalah untuk (1) mengembangkan media kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator untuk kemahiran qira ah dan kitabah siswa MA kelas XI (2) mendeskripsikan penggunaan media kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator untuk kemahiran qira ah dan kitabah siswa MA kelas XI dan (3) mendeskripsikan strategi pemanfaatan media kuis interaktif bahasa Arab berbasis Wondershare Quiz Creator untuk kemahiran qira ah dan kitabah siswa MA kelas XI. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan hasil adaptasi dari model pengembangan produk pendidikan oleh Borg dan Gall. Alasan pengembang mengadaptasi model di atas adalah karena hasil adaptasi dari model ini mencakup keseluruhan hal yang berkaitan dengan pengembangan media kuis interaktif pembelajaran. Subjek pengembangan hasil dari media kuis interaktif ini adalah dua ahli pembelajaran bahasa Arab dan seorang praktisi pengajar di MAN Mojokerto selaku validator dan siswa-siswi MAN Mojokerto selaku objek pengembangan media. Instrumen dalam penelitian pengembangan ini adalah format penilaian berupa angket. Hasil pengembangan media kuis interaktif bahasa Arab berbasis Wondershare Quiz Creator ini dapat dirumuskan sebagai berikut. Pertama pengembangan dilaksanakan dengan tahapan (1) analisis kebutuhan (2) desain media (3) pengembangan media (4) uji validasi produk dan (5) evaluasi dan revisi media. Adapun hasil pengembangan berupa media kuis interaktif bahasa Arab Wondershare Quiz Creator yang berisi tema 1605 1585 1581 1604 1577 1575 1604 1605 1585 1575 1607 1602 1577 (masa remaja) 1575 1604 1589 1581 1577 (kesehatan) 1575 1604 1605 1585 1575 1601 1602 1575 1604 1593 1575 1605 1577 (fasilitas umum) dan 1575 1604 1587 1610 1575 1581 1577 (wisata). Dengan beberapa jenis kuis yaitu (1) Benar/ Salah (2) Pilihan berganda (3) Pilihan berganda silang (4) Menjodohkan (5) Mengurutkan dan (6) Bank kata. Tingkat validitas produk yang dihasilkan secara keseluruhan adalah 76 08%. Hal ini berarti bahwa media kuis interaktif ini valid untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab kemahiran qira ah dan kitabah siswa kelas XI MA dengan beberapa revisi. Kedua penggunaan media kuis interaktif bahasa Arab berbasis Wondershare Quiz Creator ini cukup mudah dengan langkahlangkah sebagai berikut (1) masukkan CD ke dalam komputer (2) klik tombol 1575 1576 1583 1571 untuk memulai kuis (3) klik tombol tema kuis yang diinginkan pada halaman MENU (4) klik tombol Start untuk memulai menjawab kuis (5) klik tombol Submit untuk mengetahui jawaban yang telah dipilih salah atau benar (6) klik tombol Outline untuk menampilkan daftar pertanyaan atau soal kuis (7) klik tombol 1582 1585 1608 1580 untuk keluar dari media kuis (8) klik tombol 1585 1580 1608 1593 untuk kembali ke halaman sebelumnya (9) klik tombol 10 ) 1575 1587 1578 1605 1585 1575 1585 ) klik tombol MENU untuk kembali ke halaman MENU . Media kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator ini akan lebih efisien jika digunakan pada akhir kegiatan pembelajaran bahasa Arab sebagai evaluasi terhadap materi yang telah dipelajari. Ada dua strategi penggunaannya dalam kegiatan pembelajaran yang pertama (1) guru menampilkan media kuis interaktif pada layar LCD di depan kelas (2) guru menjelaskan media kuis interaktif kepada siswa (3) guru menyuruh siswa untuk beradu cepat mengacungkan tangan untuk menjawab tiap-tiap pertanyaan yang tersaji pada media kuis interaktif (4) siswa yang paling cepat mengacungkan tangan berhak menjawab pertanyaan yang terdapat pada media (5) siswa akan mendapat pujian dari guru baik ketika jawaban yang diajukannya itu salah ataupun benar dan (6) siswa yang paling banyak menjawab pertanyaan benar akan mendapat hadiah dari guru. Strategi yang kedua (1) di akhir setiap tema pelajaran siswa diminta duduk di atas lantai atau lesehan (2) Guru menyiapkan LCD dan Laptop kemudian guru menjelaskan langkah-langkah permainan dengan media kuis ini (3) langkahlangkah permainan media kuis ini adalah siswa menyiapkan alat tulis berupa pensil dan penghapusnya guru memberi kepada setiap siswa kertas buffalo. Guru menampilkan pertanyaan kuis misal kuis nomor satu siswa diberi waktu untuk menjawab pertanyaan kuis dengan menulis jawabannya di kertas buffalo menggunakan pensil. Setelah waktu habis siswa diminta menunjukkan jawabannya dengan cara mengangkat kertas buffalo tinggi-tinggi. Guru mengklik jawaban yang benar untuk nomor satu sementara siswa memperhatikan. Siswa yang menjawab salah akan tereliminasi dari permainan ini. Siswa yang menjawab benar tetap bertahan sampai tersisa satu orang siswa (4) satu orang siswa yang bertahan dan mampu mengalahkan semua temannya berhak mendapat reward.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item View Item