Pengembangan program hot potatoes sebagai alat evaluasi kemahiran membaca dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Pasuruan / Adhe Irna Zahra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan program hot potatoes sebagai alat evaluasi kemahiran membaca dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Pasuruan / Adhe Irna Zahra

Zahra, Adhe Irna (2011) Pengembangan program hot potatoes sebagai alat evaluasi kemahiran membaca dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Pasuruan / Adhe Irna Zahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hot Potatoes alat evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Revolusi Teknologi Komunikasi dan Informasi (TKI) telah merubah berbagai bidang kehidupan manusia termasuk melahirkan revolusi dalam pendidikan. Revolusi pendidikan karena TKI telah mengubah cara pembelajaran konvensional menjadi digital tatap muka pada tempat dan waktu tertentu menjadi pertemuan di mana dan kapan saja. Di samping itu metode pembelajaran bahasa Arab yang konvensional dan klasik menuntut guru untuk menggunakan media yang relevan dengan tuntutan zaman agar siswa lebih termotivasi dalam belajar bahasa Arab. Media tersebut berupa media pembelajaran bahasa Arab program Hot Potatoes yang memberikan output berupa materi dan latihan soal. Inovasi tersebut diharapkan mampu mendorong siswa untuk belajar bahasa Arab secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah (a) membuat tampilan hasil program Hot Potatoes sebagai alat evaluasi kemahiran membaca dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Pasuruan (b) membuat langkah penggunaan program Hot Potatoes sebagai alat evaluasi kemahiran membaca dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Pasuruan (c) mengembangkan alat evaluasi yang digunakan dalam program Hot Potatoes untuk alat evaluasi kemahiran membaca dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Pasuruan untuk materi semester genap. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Uji lapangan dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pasuruan. Prosedur penelitian ini adalah (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis tujuan pembelajaran (3) studi pendahuluan (4) pengembangan materi pembelajaran (5) mengembangkan alat evaluasi (6) memproduksi (7) validasi uji ahli dan uji coba produk (8) revisi dan penyempurnaan. Teknik analisis data berupa data yang diperoleh pada tahap pengumpulan dengan instrumen pengumpulan data dianalisa dengan menggunakan teknik analisa data prosentase. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti (human instrument) sebagai instrumen kunci dan instrumen penunjang berupa angket/validasi. Hasil penelitian adalah berupa produk yakni sistem evaluasi kemahiran membaca bahasa Arab menggunakan program Hot Potatoes yang telah divalidasi oleh ahli media ahli materi guru dan siswa-siswi kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Pasuruan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba program ini telah mencapai tingkat kelayakan/valid 86 9% atau bisa dikatakan valid dan telah memenuhi kriteria media pembelajaran yang cocok untuk siswa. Dalam pengembangan program Hot Potatoes sebagai alat evaluasi pembelajaran bahasa Arab tersebut disajikan materi pada semester genap kelas XI SMA beserta latihan-latihan soal. Agar produk pengembangan Hot Potatoes ini dapat digunakan secara luas maka model tersebut diintegrasikan dalam bentuk CD. Dalam CD disertakan software program Hot Potatoes. Berdasarkan uji coba lapangan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Pasuruan diketahui 10 item (seluruh item) penilaian dinyatakan valid. 10 item dinyatakan adalah (1) Tingkat kesenangan siswa belajar bahasa Arab dengan menggunakan program Hot Potatoes (2) Kalimat/kata-kata dalam program Hot Potatoes mudah dipahami (3) Semangat belajar anak dalam menggunakan program Hot Potatoes (4) Kejelasan materi yang disampaikan dalam program Hot Potatoes (5) Kemudahan dalam mengerjakan soal evaluasi dalam program Hot Potatoes (6) Kemudahan mengingat kosakata bahasa Arab yang telah diajarkan dengan program Hot Potatoes (7) Kepraktisan menjawab dalam program Hot Potatoes (8) Kejelasan dan kemudahan membaca tulisan teks yang terdapat dalam program Hot Potatoes (9) Peningkatan motivasi anak dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan program Hot Potatoes (10) Pengembangan materi lainnya menggunakan program Hot Potatoes. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai referensi dan salah satu media belajar bagi siswa yang dibatasi oleh jarak dan waktu. Selain itu diharapkan guru mengkaji ulang terhadap materi-materi di dalam media pembelajaran tersebut agar program dapat digunakan menurut kurikulum yang berlaku. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan produk ini dengan obyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11191

Actions (login required)

View Item View Item