Pengembangan permainan kosakata berbasis macromedia flash dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk SD Insan Amanah Malang kelas IV / Noerma Fillaily - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan kosakata berbasis macromedia flash dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk SD Insan Amanah Malang kelas IV / Noerma Fillaily

Fillaily, Noerma (2011) Pengembangan permainan kosakata berbasis macromedia flash dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk SD Insan Amanah Malang kelas IV / Noerma Fillaily. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Macromedia Flash. Tujuan penelitian adalah (1) Menghasilkan media permainan kosakata berbasis Macromedia Flash untuk matapelajaran bahasa Arab dalam rangka meningkatkan kosakata bahasa Arab SD Insan Amanah Malang kelas IV (2) untuk mendiskripsikan kelayakan permainan kosakata berbasis Macromedia Flash akan membuat media lebih menarik bagi siswa. permainan kosakata Macromedia Flash bahasa Arab. Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat dari waktu ke waktu mengakibatkan adanya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan di antaranya bidang pendidikan. Untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas diperlukan adanya peningkatan mutu pendidikan. Hal ini juga mendorong manusia untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Metode pembelajaran bahasa Arab (PBA) yang masih menggunakan metode ceramah membuat murid cepat merasa bosan dan jenuh sehingga guru dituntut untuk menggunakan media yang lebih relevan dengan tuntutan zaman agar siswa lebih termotivasi dan antusias dalam belajar bahasa Arab. Media tersebut berupa permainan kosakata berbasis Macromedia Flash yang memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran pada matapelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kosakata bahasa arab untuk SD Insan Amanah Malang kelas IV. Rancangan penelitian ini adalah pengembangan model pengembangannya adalah (1) analisis kebutuhan (2) rumusan tujuan (3) mengembangkan materi (4) produksi (5) menyusun petunjuk pemanfaatan (6) uji ahli (7) revisi produk 1 (8) uji coba perseorangan (9) revisi produk 2 (10) uji coba lapang (11) revisi produk akhir. Hasil penelitian adalah berupa produk CD interaktif pembelajaran bahasa Arab berbasis Macromedia Flash dan diuji cobakan pada siswa - siswi kelas IV SD Insan Amanah. Berdasarkan hasil validasi yang melibatkan ahli media bahasa Arab dan ahli materi bahasa Arab keseluruhan media pembelajaran yang merupakan produk pengembangan memiliki tingkat validitas 69 5%. Hal ini berarti media pembelajaran tersebut cukup valid. Untuk meningkatkan tingkat validitasnya diadakan revisi terhadap media. Berdasarkan hasil uji coba lapang secara keseluruhan hasil yang didapat dari prosentase hasil pekerjaan siswa melalui pre test dan post test yang memiliki nilai valid. Saran bagi peneliti lain hasil pengembangan ini dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam melakukan penelitian pengembangan yang akan datang. Inovasi-inovasi baru masih perlu ditingkatkan penambahan animasi-animasi dan fitur-fitur baru dalam pengembangan media permainan berbasis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11189

Actions (login required)

View Item View Item