Pengembangan media permainan lauhah sya:thiroh untuk pembelajaran bahasa Arab kelas IX di MTs Attaraqqie Putri Malang / Endah Ayusolicha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan lauhah sya:thiroh untuk pembelajaran bahasa Arab kelas IX di MTs Attaraqqie Putri Malang / Endah Ayusolicha

Ayusolicha, Endah (2011) Pengembangan media permainan lauhah sya:thiroh untuk pembelajaran bahasa Arab kelas IX di MTs Attaraqqie Putri Malang / Endah Ayusolicha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media permainan Lauhah Sya thiroh pembelajaran bahasa arab. Dalam kegiatan belajar mengajar guru dituntut untuk menguasai keterampilan mengajar yang bervariasi dan keterampilan dalam menciptakan kreasi-kreasi baru dalam pembelajaran. Hal ini dapat menjadikan siswa tidak merasa bosan dan selalu bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Dengan munculnya minat dan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran diharapkan siswa dapat menguasai materi yang disampaikan. Kekurangmampuan guru dalam menciptakan kreasi-kreasi baru dalam kegiatan pembelajaran menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga menyebabkan pembelajaran kurang maksimal. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran khususya dalam bentuk permainan misalnya media permainan Lauhah Sya thiroh untuk pembelajaran bahasa Arab kelas IX di MTs At Taraqqie Putri Malang. Tujuan penelitian ini secara umum adalah mengembangkan media permainan Lauhah Sya thiroh untuk pembelajaran bahasa Arab kelas IX di MTs At Taraqqie Putri Malang. Adapun tujuan khusus dai penelitian ini adalah untuk 1) engembangkan media permainan Lauhah Sya thiroh 2) menggunakan media permainan Lauhah Sya thiroh untuk pembelajaran bahasa Arab kelas IX di MTs At Taraqqie Putri Malang. Rancangan penelitian ini adalah pengembangan dan menggunakan model pengembangan R D (research and development) dari Borg dan Gall. Prosedur penelitian 1) analisi kebutuhan 2) pengembangan produk 3) tinjauan ahli media dan ahli materi 4) revisi produk 5) uji ahli pembelajaran dan uji lapangan 6) penyempurnaan produk akhir. Media permainan ini mengembangkan permainan Clever Board untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Dalam pembuatannya pengembangan media permainan inin menggunakan program Adobe Photoshop CS2 dan menghasilkan satu set media permainan Lauhah Sya thiroh yang terdiri dari satu papan Lauhah Sya thiroh 23 kartu 16 bidak dua buah dadu buku petunjuk penggunaan permainan dan kemasan permainan. Untuk penggunaannya media permainan ini tidak digunakan sebagai penyampaian materi melainkan untuk kegiatan evaluasi atau untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dapat diketahui bahwa tingkat validitas media adalah 77 8%. Untuk hasil validasi dari ahli materi diketahui bahwa tingkat validitas materi yaitu 75%. Berdasarkan hasil validasi tersebut media ini masuk pada kategori valid. Untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan pada media maka dilakukan revisi produk. Kemudian media dinilai oleh ahli pembelajaran dan diujicobakan kepada siswi kelas IX di MTs At Taraqqie Putri Malang yang berjumlah 35 siswi. Berdasarkan hsil uji coba tersebut dapat diketahui bahwa tingkat validitasnya menurut ahli pembelajaran adalah 85% sedangkan pada uji coba lapangan diperoleh nilai 80%. Ahkirnya dapat diambil kesimpulan bahwa media permainan Lauhah Sya thiroh valid dan layak untuk digunakan sebagai media permainan utntuk pembelajaran bahasas Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11184

Actions (login required)

View Item View Item