Perubahan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran Guided Inquiry Labs disertai link map pada materi Fluida Statis / Vicki Dian Prastiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran Guided Inquiry Labs disertai link map pada materi Fluida Statis / Vicki Dian Prastiwi

Prastiwi, Vicki Dian (2018) Perubahan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran Guided Inquiry Labs disertai link map pada materi Fluida Statis / Vicki Dian Prastiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prastiwi Vicki. 2018. Perubahan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Guided Inquiry Labs Disertai Link Map Pada Materi Fluida Statis. Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si (2) Dr. Hari Wisodo S.Pd M.Si. Kata Kunci Guided inquiry labs link map penguasaan konsep perubahan konsep Materi fluida statis memiliki karakteristik yang terdiri dari definisi penurunan rumus dan perhitungan. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru akan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi fluida statis. Oleh karena itu sangat perlu pembelajaran yang membuat siswa aktif dan dapat mengkonstruksi pembelajaran secara langsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep pada materi fluida statis adalah guided inquiry labs disertai link map. Dalam pembelajaran ini siswa dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah melalui penguasaan konsep. Penggunaan link map utamanya dapat memperbaiki miskonsepsi sehingga siswa mengalami perubahan konsep dalam memahami materi fluida statis. Tujuan penelitian ini antara lain (1) mengetahui perubahan penguasaan konsep dalam pembelajaran guided inquiry labs disertai link map pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain embedded experimental model. Variabel terikat pada penelitian ini ada dua yaitu penguasaan konsep dan perubahan konsep siswa sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran guided inquiry labs disertai link map. Subjek penelitian yaitu kelas XI MIA SMA Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2017/ 2018. Kelas yang digunakan sebagai kelas penelitian berjumlah 1 kelas yaitu XI MIA 3 dengan jumlah 34 siswa. Uji validitas reliabilitas dan tingkat kesukaran digunakan sebagai uji instrumen tes penguasaan konsep dan perubahan konsep siswa. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas menggunakan shapiro-wilk dan homogenitas menggunakan Levene selanjutnya akan diuji dengan uji t berpasangan dengan taraf signifikansi 5%. Sesuai dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini akan dianalisis secara kuantitatif maupun kualitatif. Penguasaan konsep siswa dilihat melalui hasil belajar siswa dengan menggunakan tes berbentuk soal two tier yang berjumlah 20 butir soal dengan reliabilitas 0 79. Perubahan konsep siswa akan dianalisis sesuai pola yang ada. Pola perubahan konsep pada siswa terdiri dari pola berubah positif (yakni terjadi perubahan konsep) pola berubah negatif pola bertahan positif serta pola bertahan negatif yang akan dianalisis melalui tes berupa soal esai dengan jumlah 10 butir soal dengan reliabilitas 0 75 dan hasil link map siswa. ii Model pembelajaran guided inquiry labs disertai link map yang dilakukan pada materi fluida statis pada siswa SMA kelas XI diperoleh hasil rata-rata nilai 75 untuk penguasaan konsep sedangkan untuk perubahan konsep siswa secara keseluruhan mengalami pola berubah positif pada masing-masing materi fluida statis. Secara hasil rata-rata nilai menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan karena sebelum pembelajaran dilakukan di dalam kelas rata-rata untuk penguasaan konsep siswa hanya 22 5 sedangkan pada perubahan konsep siswa masih memiliki pola negatif atau pengetahuan awal yang kuran tepat. Peningkatan ini terjadi karena adanya pembelajaran yang nyata siswa secara aktif melakukan kegiatan pembelajaran dengan eksperimen. Berdasarkan hal tersebut secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan model guided inquiry labs disertai link map mengalami peningkatan yang signifikan dan memiliki pola berubah positif. Kesimpulannya bahwa model guided inquiry labs disertai link map dapat membantu siswa untuk mengkonstruk konsep-konsep pada materi fluida statis dengan lebih mudah sehingga siswa penguasaan konsep siswa meningkat dan mengalami perubahan konsep yang utuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111791

Actions (login required)

View Item View Item