Pengaruh pembelajaran learning cycle 7e berbasis stem terhadap penguasaan konsep dan berpikir kreatif materi suhu dan kalor / Umi Azizah

Azizah, Umi (2019) Pengaruh pembelajaran learning cycle 7e berbasis stem terhadap penguasaan konsep dan berpikir kreatif materi suhu dan kalor / Umi Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azizah, Umi. 2019. Pengaruh pembelajaran Learning cycle 7E berbasis STEM terhadap Penguasaan konsep dan Berpikir Kreatif Materi Suhu dan Kalor. Tesis, Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Parno, M.Si., (II) Dr. H. Edi Supriana, M.Si. Kata Kunci: learning cycle 7E, STEM, Penguasaan Konsep, Berpikir Kreatif, Suhu dan Kalor Suhu dan kalor merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa. Kesulitan-kesulitan siswa dalam materi suhu dan kalor diakibatkan kurangnya penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa. Sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dengan merancang pembelajaran yang tepat. pembelajaran yang cocok untuk mengembangkan penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa adalah learning cycle 7E berbasis STEM. Gabungan dari learning cycle 7E dan STEM diduga dapat meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh learning cycle 7E berbasis STEM terhadap penguasaan konsep dan berpikir kreatif materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain embedded experimental model. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas XI MIPA 2 MAN Batu. Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda beralasan dengan reliabilitas 0,882 dan tes berpikir kreatif 5 soal uraian dengan reliabilitas 0,821. Data kuantitatif penguasaan konsep dan berpikir kreatif di analisis menggunakan uji paired sample t-test, n-gain, dan d-effect size. Data kualitatif dianalisis dengan reduksi data, pengkodean, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) level penguasaan konsep siswa yang dicapai pada materi suhu dan kalor adalah kategori NU, IU, PU, dan SU dengan kategori paling tinggi berada pada kategori IU sebesar 43,87%, (2) level berpikir kreatif siswa yang dicapai adalah kategori KK, CK,K dan SK dengan kategori paling tinggi berada pada kategori K dan SK sebesar 33,55%. Penguasaan konsep dan berpikir kreatif mengalami peningkatan setelah diberi pembelajaran learning cycle 7E berbasis STEM. Saran untuk penelitian selanjutnya, peneliti perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhi penguasaan konsep siswa yaitu karakteristik soal berupa konten dan fenomena yang diungkap juga kompetensi yang ingin dicapai, dan untuk berpikir kreatif untuk lebih mengembangkan berpikir kreatif siswa terutama indikator originality dan elaboration.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111788

Actions (login required)

View Item View Item