Analisis penguasaan konsep dan engineering design process siswa SMA pada pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi stem pada materi fluida dinamis / Ika Khoirun Nisa

Nisa, Ika Khoirun (2020) Analisis penguasaan konsep dan engineering design process siswa SMA pada pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi stem pada materi fluida dinamis / Ika Khoirun Nisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nisa, Ika Khoirun. 2019. Analisis Penguasaan Konsep dan Engineering Design Process Siswa SMA Pada Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Modul Terintegrasi STEM Pada Materi Fluida Dinamis. Tesis, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Lia Yuliati, M.Pd., (II) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si. Kata Kunci : Penguasaan Konsep, Engineering Design Process, Pembelajaran Guided Inquiry, Modul Terintegrasi STEM Penelitian ini didasarkan pada rendahnya penguasaan konsep fisika siswa pada materi fluida dinamis. Penguasaan konsep yang baik dapat dicapai dari proses pembelajaran yang konkrit dan mengaitkan pembelajaran dengan perkembangan zaman. Materi fluida dinamis yang disampaikan dengan pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi STEM akan melatih siswa untuk menyelesaikan permasalahan fisika di kehidupan nyata. Pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi STEM menerapkan engineering design process pada tahapan pembelajarannya sehingga dengan pembelajaran ini siswa mampu mencapai tingkatan kognitif yang paling tinggi yaitu mengkreasi (creating). Siswa yang sudah mampu mencapai tahapan creating dikatakan menguasai konsep dengan baik. Pada penelitian ini, kemampuan proses inkuiri siswa didukung dengan adanya kegiatan pembuatan desain alat sederhana terkait materi fluida dinamis. Proses mendesain alat sederhana penerapan fluida dinamis dibantu oleh penggunaan modul yang diadaptasi dari Teach Engineering Module yang dikembangkan oleh peneliti dari University Of Colorado. Kemampuan proses siswa dalam membuat desain alat ini dapat diukur pada saat pelaksanaan pembelajaran maupun pada saat tes setelah pembelajaran dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaiamana penguasan konsep dan engineering design process siswa pada pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi STEM pada materi fluida dinamis. Penelitian ini dilakukan secara embedded experimental design pada satu kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan wawancara yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen pengukuran adalah tes penguasaan konsep dan tes engineering design process materi fluida dinamis yang masing – masing terdiri atas 7 soal essay yang telah divalidasi. Nilai reliabilitas soal penguasaan konsep (r) = 0,62 dan untuk soal tes engineering design process diperoleh nilai reliabilitas (r) = 0,55. Data pretest dan posttest penguasaan konsep yang terdistribusi tidak normal dianalisis secara kuantitatif menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test sedangkan analisis pretest dan posttest engineering design process yang terdistribusi normal menggunakan Paired Sample T-test. Keduanya menghasilkan nilai Asymp.Sig = 0,000 < 0,005 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pretest dan posttest siswa. Terjadi peningkatan nilai penguasaan konsep dan engineering design process pada semua siswa yang telah mendapatkan pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi STEM. Hasil analisis N-Gain penguasaan konsep dan engineering design process dalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep dan engineering design process siswa yang telah mendapatkan pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi STEM lebih tinggi daripada siswa yang belum mendapatkan pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi STEM. Analisis effect size pada kedua variabel menunjukkan kategori kuat. Hal ini berarti bahwa pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi STEM berpengaruh kuat terhadap penguasaan konsep dan engineering design process siswa pada materi fluida dinamis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111787

Actions (login required)

View Item View Item