Literasi sains dan efikasi diri siswa menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis STEM pada materi termodinamika / Abdul Hamid Hasbullah

Hasbullah, Abdul Hamid (2020) Literasi sains dan efikasi diri siswa menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis STEM pada materi termodinamika / Abdul Hamid Hasbullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasbullah, Abdul Hamid. 2019. Literasi Sains dan Efikasi Diri Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Pada Materi Termodinamika. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Parno, M.Si (2) Dr. Sunaryono, M.Si Kata Kunci : Literasi Sains, Efikasi Diri, Project Based Learning (PjBL), STEM, Termodinamika Penelitian ini menggunakan model Project Based Learning (PjBL) sebagai solusi dalam menumbuhkembangkan kompetensi literasi sains dan efikasi diri siswa. Dimana dalam beberapa penelitian masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi Termodinamika. Agar model yang digunakan sesuai dengan tuntutan jaman sekarang ini, maka integrasi STEM pada PjBL perlu dilakukan. Desain yang digunakan yaitu pretest - posttest control group dengan sampel penelitian sebanyak 100 siswa yang terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, dan kelas kontrol. Penentuan ketiga kelas dilakukan dengan teknik cluster random sampling dari seluruh populasi di SMAN 1 Kraksaan. Instrumen literasi sains yang digunakan pada penelitian ini berupa soal essai sebanyak 10 soal. Instrumen survey efikasi diri berupa soal dengan lima skala jawaban tertutup sebanyak 28 butir soal. Kelas eksperimen 1 mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran PjBL STEM, kelas eksperimen 2 mendapatkan pembelajaran berupa pembelajaran PjBL, dan kelas kontrol mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Pembelajaran PjBL STEM maupun PjBL dilaksanakan dengan proyek yang persis sama sementara pembelajaran konvensional dilaksanakan berdasarkan metode yang biasa dilakukan oleh guru Mapel Fisika di sekolah tersebut. Ada tidaknya perbedaan kompetensi literasi sains dan efikasi diri pada ketiga kelas diuji secara statistik menggunakan One way anova dan Kruskal Wallis. Hasil uji statistik menggunakan One way anova dan Kruskal Wallis menunjukkan terdapat perbedaan literasi sains dan efikasi diri siswa pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 terhadap kelas kontrol. Namun tidak ada perbedaan literasi sains dan efikasi diri siswa pada kelas eksperimen 1 terhadap kelas eksperimen 2. Selain itu, hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa pembelajaran PjBL STEM lebih berpengaruh daripada pembelajaran PjBL dalam meningkatkan kompetensi literasi sains siswa. Namun sebaliknya, pembelajaran PjBL lebih berpengaruh daripada pembelajaran PjBL STEM dalam meningkatkan efikasi diri siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111786

Actions (login required)

View Item View Item