Pengaruh strategi pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi materi usaha dan energi siswa kelas X SMAK ST Fransiskus Xaverius Ruteng / Leonardus Hendra Aha

Aha, Leonardus Hendra (2019) Pengaruh strategi pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi materi usaha dan energi siswa kelas X SMAK ST Fransiskus Xaverius Ruteng / Leonardus Hendra Aha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aha, Leonardus Hendra. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Multirepresentasi dengan Pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Representasi Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas X SMAK St. Fransiskus Xaverius Ruteng. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muhardjito, M.S., (II) Dr. Sunaryono, M.Si. Kata Kunci: multirepresentasi, conceptual problem solving, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan representasi Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan siswa dalam belajar fisika. Kajian dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi telah banyak dilakukan dan ditemukan bahwa siswa masih kesulitan dalam hal pemecahan masalah dan representasi. Kesulitan ini, disebabkan oleh pembelajaran yang digunakan tidak menekankan pada penggunaan representasi verbal, gambar dan matematis serta pemecahan masalah yang terstruktur dan sistematis dalam kegiatan belajar-mengajar. Strategi pembelajaran multirepresentasi merupakan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi siswa. Selain itu, pendekatan conceptual problem solving merupakan pendekatan yang dapat membantu siswa untuk memecahkan masalah disertai dengan penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan conceptual problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa kelas X SMAK St. Fransiskus Xaverius Ruteng yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, baik sebelum perlakuan maupun setelah perlakuan. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji manova satu jalur, uji anova satu jalur dan uji lanjut LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan conceptual problem solving dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil uji manova satu jalur dan anova satu jalur di mana nilai dan nilai . Selain itu, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan conceptual problem solving lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil uji LSD yaitu. Temuan dalam penelitian adalah kurangnya kemampuan siswa dalam representasi gambar dan verbal, sehingga perlu dilakukan kajian cara mengembangkan kemampuan representasi siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111785

Actions (login required)

View Item View Item