Penguasaan konsep dan kreativitas ilmiah siswa pada materi fluida statis dalam pembelajaran STREM PBL disertai e-authentic assessment / Zahrotul Ula Irma

Irma, Zahrotul Ula (2020) Penguasaan konsep dan kreativitas ilmiah siswa pada materi fluida statis dalam pembelajaran STREM PBL disertai e-authentic assessment / Zahrotul Ula Irma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Irma, Zahrotul Ula. 2019. Penguasaan Konsep dan Kreativitas Ilmiah Siswa pada Materi Fluida Statis dalam Pembelajaran STREM disertai E-Authentic Assessment. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sentot Kusairi, S. Pd, M.Si. (2) Dr. Lia Yuliati, M. Pd. Kata kunci: penguasaan konsep, kreativitas ilmiah, fluida statis, STREM PBL , e-authentic assessment. Kompetensi dasar pada materi fluida statis adalah mampu menerapkan hukum fluida statis dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat fluida statis. Siswa diharapkan memiliki penguasaan konsep yang baik untuk dapat menerapkan hukum fluida statis dan kreativitas ilmiah yang baik untuk dapat melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat fluida statis. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kreativitas ilmiah siswa masih kurang. Salah satu pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa menguasai konsep dan melatih kreativitas ilmiah adalah pembelajaran STREM PBL disertai e-authentic assessment. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan konsep dan kreativitas ilmiah siswa pada materi fluida statis dalam pembelajaran STREM PBL disertai e-authentic assessment. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain embedded experimental. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Sidoarjo. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda disertai alasan untuk penguasaan konsep dan soal essay untuk kreativitas ilmiah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest-posttest, wawancara, dan observasi. Data kuantitatif dianalisis secara statistik melalui uji Wilcoxon dan effect size. Data kualitatif dianalisis untuk mendukung data kuantitatif. Proses analisis data kualitatif adalah reduksi data, pengodean, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kreativitas ilmiah siswa meningkat secara signifikan setelah pembelajaran STREM PBL disertai e-authentic assessment. Pembelajaran tersebut berpengaruh sedang terhadap penguasaan konsep dan kreativitas ilmiah. Setelah pembelajaran, mayoritas siswa dapat menguasai konsep secara utuh terhadap 9 dari 10 indikator. Terkait dengan kreativitas ilmiah, rata-rata siswa sangat kreatif dalam hal fluency, cukup kreatif dalam hal flexibility dan elaboration, serta kurang kreatif dalam hal originality. Saran untuk guru adalah memberikan penjelasan lebih terkait keadaan benda tak beraturan dalam fluida posisinya diubah melalui simulasi virtual atau real, memberikan rangking terhadap hasil tes formatif untuk memotivasi siswa, meminta semua siswa merancang produk secara individu lalu mengombinasikan semua rancangan teman sekelompok sebagai produk kelompok untuk meningkatkan flexibility, elaboration, dan originality. Saran untuk penelitian berikutnya adalah menambahkan soal C6 dan soal dengan unsur religion, membuat soal tes formatif dalam bentuk pilihan ganda disertai alasan, dan mengatur waktu mengerjakan tes formatif secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111784

Actions (login required)

View Item View Item