Tatsar, Mohammad Zaky (2019) Eksplorasi pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada authentic learning berbasis fenomena materi fluida statis kelas XI Almaarif Singosari / Mohammad Zaky Tatsar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tatsar Zaky. 2019. Eksplorasi Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Authentic Learning Berbasis Fenomena Materi Fluida Statis Kelas XI MA Almaarif Singosari. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Hari Wisodo S.Pd M.Si. Kata Kunci pemahaman konsep kemampuan pemecahan masalah authentic learning berbasis fenomena fluida statis Fluida statis merupakan bagian dari materi dasar yang harus dikuasi oleh siswa. Penelitian menunjukkan terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa dalam materi fluida statis. Kesulitan siswa dalam memahami materi fluida statis menunjukkan masih rendahnya pemahaman konsep siswa. Pemahaman konsep merupakan faktor yang ditekankan dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran fisika. Selain itu kemampuan pemecahan masalah merupakan komponen kunci dari sebagian besar materi fisika. Namun sebagian besar siswa hanya menyelesaikan masalah secara matematis dan sering menggunakan plug and chug dalam menyelesaikan masalah. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah authentic learning berbasis fenomena. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis berdasarkan pengalaman authentic learning berbasis fenomena. Metode dalam penelitian ini adalah mixed method dengan embedded experimental model. Subyek penelitian terdiri atas 32 siswa kelas XI MIA MA Almaarif Singosari. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda berbentuk isomorfik untuk mengetahui pemahaman konsep dan tes essay untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan melalui analisis data kuantitatif berupa uji prasyarat uji bedapaired t testapabila data yang diperoleh adalah parametrik apabila non parametrik maka menggunakanWilcoxon test N-Gain score dan effect size. Selain itu melalui analisis data kualitatif dengan mereduksi data pengodean data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa melalui authentic learning berbasis fenomena pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan kategori pada seluruh isomorfik. Adapun authentic learning berbasis fenomena pada variabel kemampuan pemecahan masalah siswa cenderung mengalami peningkatan skor pada masing-masing indikator (understanding the problem problem solving pathway calculations finding and reporting of solutions).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/111783 |
Actions (login required)
View Item |