Pengaruh model pembelajaran group investigation dengan multi representasi pada topik alat - alat optik terhadap penalaran ilmiah dan kemampuan pemecahan masaalh sisiwa SMA / Apolonia Delviyanti Putri Marga

Marga, Apolonia Delviyanti Putri (2020) Pengaruh model pembelajaran group investigation dengan multi representasi pada topik alat - alat optik terhadap penalaran ilmiah dan kemampuan pemecahan masaalh sisiwa SMA / Apolonia Delviyanti Putri Marga. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marga, Apolonia Delviyanti Putri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dengan Multi Representasi pada Topik Alat-Alat Optik terhadap Penalaran Ilmiah dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Edi Supriana, M.Si., (2) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si. Kata Kunci : multi representasi, group investigation, penalaran ilmiah, kemampuan pemecahan masalah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran group investigation dengan multi representasi pada topik alat-alat optik terhadap kemampuan penalaran ilmiah dan pemecahan masalah siswa SMA. Tujuan lainnya adalah untuk melihat hubungan antara kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah pembelajaran group investigation dengan multi representasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dengan populasinya adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2018/ 2019. Sampel penelitian diambil dua kelas dari seluruh kelas XI jurusan MIA. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan yang digunakan meliputi silabus, RPP dan LKS, sedangkan instrumen perlakuan yang digunakan adalah soal uraian dengan rincian 3 soal penalaran ilmiah dan 3 soal kemampuan pemecahan masalah, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji manova satu jalur untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap variabel terikat dan membandingkan skor kemampuan pemecahan masalah dengan grup skor penalaran ilmiah untuk melihat hubungan antara variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran group investigation dengan multi representasi pada topik alat-alat optik terhadap kemampuan penalaran ilmiah dan pemecahan masalah siswa SMA. Hasil ini terlihat dari analisis pengaruh variabel secara individu dimana nilai signifikasi untuk penalaran ilmiah adalah 0,042 dan signifikansi kemampuan pemecahan masalah adalah 0,034. Nilai signifikansi kedua variabel ini lebih kecil dari 0,05. Dari hasil analisis data juga diketahui bahwa tidak terdapat hubungan antara kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah pembelajaran group investigation dengan multi representasi. Hal ini dapat dilihat dari skor kemampuan pemecahan masalah terhadap grup skor penalaran ilmiah. Siswa dengan penalaran ilmiah rendah dapat memperoleh skor kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan penalaran ilmiah tinggi. Bagi peneliti lain, disarankan penggunaan model group investigation dengan multi representasi diimbangi dengan penyajian masalah yang lebih mampu membangkitkan semangat ingin tahu siswa. Selain itu perlu juga untuk menguraikan penggunaan multi representasi secara lebih rinci. Bagi guru, hendaknya memperhatikan sikap siswa pada setiap tahapan pembelajaran untuk memastikan semua siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga harus mengembangkan media pembelajaran tambahan dalam mengajarkan materi ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111782

Actions (login required)

View Item View Item