Pengembangan bahan ajar terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi fluida statis / Nora Indrasari

Indrasari, Nora (2020) Pengembangan bahan ajar terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi fluida statis / Nora Indrasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrasari, Nora, 2019. Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Fluida Statis. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Parno, M.Si, (II) Prof. Arif Hidayat, M.Si Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar , STEM, Kemampuan Literasi Sains, Fluida Statis Pemahaman tentang konsep dan proses ilmiah diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini dapat dicapai dengan memasukkan komponen indikator literasi ilmiah dalam pembelajaran. Sayangnya, alat pengajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi ilmiah masih jarang. Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan literasi sains siswa dalam materi fluida statis. Desain pengembangan menggunakan model 4D (menentukan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan) yang telah dimodifikasi. Setelah produk divalidasi oleh para ahli (1 dosen dan 1 guru) menggunakan kuesioner, uji coba kelompok kecil (keterbacaan) oleh 10 siswa SMA N 7 Malang. Validitas instrumen tes KLS diukur berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi empiris. Subyek validasi empiris dilakukan terhadap 136 siswa kelas XII yang telah menempuh materi fluida statis. Instrumen tes kemampuan literasi sains ini memiliki reliabilitas sebesar 0,741. Kepraktisan bahan ajar diukur berdasarkan hasil skor keterlaksanaan pembelajaran dan hasil respons siswa terhadap pembelajaran. Keefektifan diukur dalam penelitian kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design terhadap skor kemampuan pemecahan masalah. Subyek uji coba terbatas (kuasi eksperimen) adalah siswa kelas XI SMA N 7 Malang dengan kelas kontol dan kelas eksperimen. Analisis data kelayakan dan kepraktisan bahan ajar menggunakan persentase (%) antara skor yang diperoleh dibandingkan dengan skor yang diharapkan. Sedangkan analisis data untuk keefektifan menggunakan uji statistik nonparametric (Mann-Whitney). Hasil penelitian menunjukkan penilaian buku siswa valid dengan skor 89.5% sedangkan hasil validasi ahli terhadap buku pedoman guru sebesar 88.5% (valid). Hasil uji keterbacaan sebesar 86.3% (sangat baik). Dapat dikatakan bahwa bahan ajar fluida statis berbasis STEM layak digunakan. Hasil skor keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 90,9% (sangat praktis) dan hasil skor respons siswa diperoleh 78,23% (baik). Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar terintegrasi STEM praktis dalam pembelajaran. Hasil uji Mann-Whitney skor pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh tidak ada perbedaan, sehingga keadaan awal kemampuan literasi sains siswa pada kedua kelas tersebut sama. Hasil uji Mann-Whitney skor posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dimana kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini disebabkan karena penggunaan buku siswa dapat mengarahkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi fokus dan terlibat aktif selama pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Selain itu penyisipan STEM di dalam buku dapat menambah kemampuan literasi sains siswa. Dengan demikian bahan ajar terintegrasi STEM efektif dalam meningkatkan kemampuan litersi sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111781

Actions (login required)

View Item View Item