Pengaruh PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah elektromagnetika siswa SMA Negeri 02 Kota Pasuruan / Firda Ulya Nur Rosyidah

Rosyidah, Firda Ulya Nur (2020) Pengaruh PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah elektromagnetika siswa SMA Negeri 02 Kota Pasuruan / Firda Ulya Nur Rosyidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah, Firda Ulya Nur. 2019. Pengaruh PjBL Berbasis STEM terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Elektromagnetika Siswa SMAN 02 Kota Pasuruan. Tesis, Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Parno, M.Si. (II) Prof.Sutopo, M.Si. Kata kunci: PjBL, STEM, konsep, pemecahan masalah, elektromagnetik Elektromagnet penting dipelajari sebagai dasar perkembangan teknologi. Pembelajaran elektromagnet di SMA memiliki kompetensi dasar selain harus menguasai konsep induksi Faraday, juga harus mengaplikasikannya pada teknologi. Perkembangan teknologi tidak lepas dari pengetahuan, teknik, dan matematis yang melatarbelakangi. Teknologi berkembang ketika manusia menghadapi masalah. Siswa dapat memecahkan masalah jika menguasai konsep. Dengan demikian pembelajaran elektromagnet harus melatih siswa menguasai konsep dan memecahkan masalah dalam mengembangkan teknologi. Pembelajaran yang dapat membantu siswa menguasai konsep dan melatih kemampuan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan project based learning (PjBL) berbasis sains, teknologi, engineering, dan matematika (STEM). Komponen STEM diintegrasikan pada tahap-tahap PjBL. Masih belum terdapat penelitian khusus menguji pengaruh PjBL berbasis STEM terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah elektromagnetik. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa kuat pengaruh PjBL berbasis STEM terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah elektromagnetik. Subjek penelitian siswa SMAN 02 Pasuruan dengan jumlah 36 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah mix method dengan desain embedded experimental. Instrumen perlakuan berupa silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Instrumen pengukuran berupa soal tes penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi, angket dan lembar pedoman wawancara. Data diperoleh dari pretest, post test, observasi, angket dan wawancara. Terdapat dua produk yang dihasilkan yaitu senter Faraday dan transformator. Siswa membuat satu produk setelah tiga kali pertemuan. Kemudian data kuantitatif dianalisis denganuji prasayarat, uji beda, N-gain dan Effect size. Data kualitatif dianalisis dengan reduksi, pengodingan, deskripsi temuan dan interpretasi data. Pembelajaran sub topik ggl induksi dan hukum Lenz terlaksana 86,7% dengan kategori baik, sub topik induktansi diri dan aplikasinya terlaksana 93% dengan kategori sangat baik. Hasil N-gain penguasaan konsep yaitu 0,328 dengan kategori sedang dan N-gain kemampuan pemecahan masalah yaitu 0,504 dengan kategori sedang. Kuatnya pengaruh berdasarkan effect size PjBL berbasis STEM terhadap penguasaan konsep yaitu 0,544, sedangkan terhadap kemampuan pemecahan masalah yaitu 0,561 dengan kategori cukup. Kondisi ini diakibatkan tiap komponen PjBL berbasis STEM menunjang siswa berlatih memecahkan masalah. Terdapat siswa yang cenderung menyelesaikan masalah secara matematis. Selanjutnya, sebaiknya guru lebih mengarahkan pada proses konsep agar tidak dominan mengutamakan penyelesaian masalah secara matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111779

Actions (login required)

View Item View Item