Pengembangan mobile scaffolding terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum Newton / Nenes Nur Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile scaffolding terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum Newton / Nenes Nur Rahmawati

Rahmawati, Nenes Nur (2019) Pengembangan mobile scaffolding terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum Newton / Nenes Nur Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmawati Nenes Nur. 2019. Pengembangan Mobile Scaffolding terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Hukum Newton. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd. M.A (II) Dr. Siti Zulaikah S.Pd. M.Si Kata Kunci Mobile Scaffolding Penguasaan Konsep Kemampuan Pemecahan Masalah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan dapat meningkatkan penguasaan konsep serta kemampuan pemecahan masalah. Media pembelajaran ini disebut Mobile Scaffolding yang dijalankan pada perangkat mobile. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis Design Develop Implementation dan Evaluation. Kelayakan media pembelajaran ini diukur berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator yang berkompeten dibidang ini. Uji keterbacaan dari media pembelajaran ini diukur berdasarkan hasil uji terhadap kelompok kecil yang terdiri atas 20 siswa kelas 12 MA Bilingual Batu. Tingkat efektifitas media pembelajaran ini diukur menggunakan teknik kuasi- eksperimen desain pretes dan postes. Hasil uji kelayakan menunjukkan skor 88 7% yang berarti media pembelajaran ini valid dan sangat layak digunakan bagi siswa untuk mencapai tujuan penelitian. Uji keterbacaan siswa menunjukkan skor yang baik yakni 89 4% yang berarti bahwa media pembelajaran ini dapat digunakan dengan baik oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Uji Mann-Whitney dari aspek penguasaan konsep menunjukkan bahwa nilai pre-test dan postes dari kelas kontrol maupun kelas eksperimen tidak ada perbedaan sedangkan untuk nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Uji efektivitas dari aspek penguasaan konsep menggunakan n-gain menunjukkan hasil 56% yang berarti media pembelajaran ini cukup efektif untuk membantu penguasaan konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran biasa (tanpa menggunakan media pembelajaran). Untuk aspek pemecahan masalah uji Man-Whitney menunjukkan hasil pretes dari kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak ada perbedaan sedangkan untuk post-test yang menggunakan uji sampel mandiri menunjukkan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Efektivitas aspek pemecahan masalah yang menggunakan uji n-gain memperoleh hasil 64 9% yang berarti media pembelajaran ini cukup efektif untuk membantu kemampuan pemecahan masalah siswa dibanding pembelajaran tanpa media. Berdasarkan uraian hasil di atas dapat disimpulkan bahwa. Mobile Scaffolding merupakan media pembelajaran yang layak dan sangat baik untuk digunakan di dalam kelas. Mobile scaffolding juga efektif untuk digunakan karena media pembelajaran ini dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah bagi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111778

Actions (login required)

View Item View Item