Pengaruh pembelajaran modeling instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum gravitasi Newton / Zulfi Farida Alfianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran modeling instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum gravitasi Newton / Zulfi Farida Alfianti

Alfianti, Zulfi Farida (2019) Pengaruh pembelajaran modeling instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum gravitasi Newton / Zulfi Farida Alfianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alfianti Zulfi F. 2019. Pengaruh Pembelajaran Modeling Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sutopo M.Si (2) Dr. Sunaryono M.Si. Kata Kunci Modeling Instruction Penguasaan Konsep Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Gravitasi Newton. Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah merupakan komponen penting dalam pembelajaran fisika. Penguasaan konsep merupakan langkah awal yang harus dikuasai siswa sebelum memecahkan masalah fisika. Hukum gravitasi Newton merupakan salah topik pada pelajaran fisika yang membutuhkan dua kemampuan tersebut. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan memahami konsep gravitasi. Salah satu pembelajaran yang dapat membimbing siswa secara aktif memahami konsep serta memecahkan masalah pada materi hukum gravitasi adalah modeling intsruction. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mendapat pembelajaran melalui modeling instruction. Subjek penelitian yang digunakan adalah 60 siswa kelas X MAN I Kota Batu tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan mixed s method desain embedded experimental model. Data penelitian yang dihasilkan berupa data pretest dan posttsest. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif menghasilkan nilai rata-rata nilai maksimum dan nilai minimum. Analisis data kualitatif menghasilkan konsep yang dipahami siswa saat menjawab tes. Besar peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa dianalisis melalui N-gain. Instrumen yang digunakan berupa tes penguasaan konsep dan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen tes yang digunakan meliputi 9 butir soal tes penguasaan konsep dan 1 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil validasi instrumen tes penguasaan konsep menunjukkan kriteria valid dengan rata-rata validitas sebesar 0 37 daya beda butir soal sebesar 0 26 taraf kesukaran butir soal sebesar 0 42 dan reliabilitas instrumen sebesar 0 74. Hasil validasi instrumen tes kemampuan pemecahan masalah menghasilkan rata-rata validitas butir soal sebesar 0 84 dan reliabiltas instrumen sebesar 0 53. Hasil analisis data secara kuantitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa dengan nilai N-gain sebesar 0 6 pada kategori medium atas. Peningkatan juga terjadi peda kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai N-gain sebesar 0 53 pada kategori medium atas. Hasil analisis data secara kualitatif pada penguasaan konsep menunjukkan bahwa beberapa konsep yang dipahami siswa masih mengandung kesalahan. Hal itu diketahui berdasarkan alasan yang dituliskan saat menjawab tes. Salah satu faktor yang menyebabkan siswa sulit memahami konsep adalah siswa cenderung menghafal persamaan matematis. Sementara itu kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa siswa mampu menjawab soal dengan benar berdasarkan lima aspek penilaian saat posttest. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah siswa terbiasa menyelesaikan soal secara matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modeling instruction meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada topik hukum gravitasi Newton. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran modeling instruction cocok diterapkan pada pembelajaran fisika sehingga dapat membantu siswa memahami konsep dan menggunakan konsep tersebut untuk memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111777

Actions (login required)

View Item View Item