Analisis kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMA pada pembelajaran guided inquiry disertai web-based formative assessment / Anggun Shofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMA pada pembelajaran guided inquiry disertai web-based formative assessment / Anggun Shofiana

Shofiana, Anggun (2019) Analisis kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMA pada pembelajaran guided inquiry disertai web-based formative assessment / Anggun Shofiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shofiana Anggun. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa SMA pada Pembelajaran Guided Inquiry disertai Web-Based Formative Assessment. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi S.Pd M.Si. (II) Dr. Markus Diantoro M.Si. Kata kunci Guided inquiry web-based formative assessment kemampuan berpikir kritis kemampuan literasi sains Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa di era globalisasi saat ini. Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kemampuan literasi sains siswa. Di dalam diri siswa akan terbentuk kepribadian yang literat terhadap sains jika siswa tersebut memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Sehingga siswa tidak hanya mengingat informasi melainkan siswa memahami dan kritis terhadap suatu informasi yang dibutuhkan untuk pencapaian suatu tujuan. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa masih relatif rendah. Kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa dapat meningkat jika siswa dilibatkan dalam model pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah diterapkannya pembelajaran dengan model guided inquiry disertai web-based formative assessment. Penerapan pembelajaran guided inquiry disertai web-based formative assessment di dalam kelas dapat membantu siswa mengetahui kesulitan yang dialami dan mendapatkan feedback secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa pada materi hukum Newton setelah melakukan pembelajaran guided inquiry disertai web-based formative assessment. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain penelitian embedded experimental design. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X IPA-4 yang memperoleh materi hukum Newton pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Kota Malang. Instrumen pengukuran kemampuan berpikir kritis berupa 5 soal uraian benar/salah sedangkan kemampuan literasi sains menggunakan 6 soal pilihan ganda beralasan. Masing-masing variabel mempunyai pedoman penskoran yang berbeda untuk analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif berdasarkan kategori level kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami perubahan level kemampuan berpikir kritis dan literasi sains sesudah dilaksanakannya pembelajaran guided inquiry disertai web-based formative assessment. Kemampuan berpikir kritis siswa berada pada level 2 sedangkan kemampuan literasi sains siswa berada pada level sedang. Analisis uji-t berpasangan menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa hasil pretest dan posttest. Analisis N-gain dan effect-size menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa termasuk pada kategori sedang dan memiliki pengaruh yang kuat. Sehingga dapat disimpulkan jika pembelajaran guided inquiry disertai web-based formative assessment dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111775

Actions (login required)

View Item View Item