Modeling instruction pada materi teori kinetik gas dan termodinamika untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah / Mimi Rohazal Yaumi - Repositori Universitas Negeri Malang

Modeling instruction pada materi teori kinetik gas dan termodinamika untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah / Mimi Rohazal Yaumi

Yaumi, Mimi Rohazal (2019) Modeling instruction pada materi teori kinetik gas dan termodinamika untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah / Mimi Rohazal Yaumi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yaumi Mimi Rohazal. 2019. Modeling Instruction pada Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Tesis Magister Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si Kata kunci Modeling Instruction Teori Kinetik Gas Termodinamika Penguasaan Konsep Kemampuan Pemecahan Masalah Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah marupakan dua tujuan penting dalam pembelajaran fisika. Namun pada kenyatannya siswa masih mengalami kesulitan dalam penguasaan konsep utamanya dalam materi teori kinetik gas dan termodinamika. Kesulitan ini terkait hubungan antar besaran keadaan gas dan penentuan usaha energi internal dan kalor pada proses-proses termodinamika. Kesulitan ini dapat menghambat siswa dalam menerima konsep-konsep baru. Kesulitan ini juga dapat menghambat siswa dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu kesulitan pemahaman konsep ini harus segera diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modeling instruction untuk menfasilitasi siswa menguasai konsep melalui tahapan pengembangan model (model development) dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui tahapan pengaplikasian model (model deployment). Pengaruh pembelajaran ini juga dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang dilakukan di sekolah. Pemodelan yang dilakukan berupa pemodelan partikel melalui bola-bola kecil pemodelan enenrgi melalui penggambaran partikel yang bergerak di sebuah wadah dengan bantuan komputer. Pemodelan proses-proses termodinamika melalui grafik PV. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods jenis embedded. Metode ini menggabungkan dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berasal dari skor siswa pada pretest dan posttest sedangkan data kualitatif berasal dari alasan jawaban siswa dan hasil wawancara. Penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 1 dan 2 (kelas kontrol) dan XI MIPA 3 dan 4 (kelas eksperimen) SMAN 2 Batu. Dari hasil penelitian terjadi peningkatan penguasaan konsep pada kedua kelas. Namun nilai N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Selain itu keefektifan pembelajaran dapat dilihat dari besar d-effect size (0 72) yang tergolong lebih besar dari standar. Nilai N-gain pada kemampuan pemecahan masalah juga menunjukkan nilai yang lebih besar pada kelas eksperimen. Besar d-effect size mencapai 1 4. Siswa telah menguasai konsep hubungan antar besaran keadaan gas hubungan besaran mikroskopis dan makroskopis gas energi kinetik dan laju rata-rata gas ideal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111774

Actions (login required)

View Item View Item