Wijianti, Dewi Wahyu (2019) Pembelajaran dengan modeling instruction untuk meningkatkan penguasaan konsep dan pemecahan masalah tentang usaha dan energi / Dewi Wahyu Wijianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Wahyu Wijianti 2019. Pembelajaran dengan Modeling Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah tentang Usaha dan Energi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sutopo M.Si (II) Nandang Mufti Ph. D. Kata Kunci modeling instruction penguasaan konsep pemecahan masalah usaha dan energi. Meningkatkan penguasaan konsep dan pendekatan pemecahan masalah siswa merupakan tujuan pembelajaran fisika. Salah satu konsep penting fisika adalah energi. Pembelajaran modeling instruction (MI) diduga dapat membantu siswa meningkatkan penguasaan konsep dan pendekatan pemecahan masalah energi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran MI meningkatkan penguasaan konsep dan pendekatan pemecahan masalah siswa pada topik usaha-energi pada kelas terbarui dan MI yang sebelumnya telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan metode embedded experimental design. Subjek penelitian ini terdiri atas 62 siswa kelas XI SMAN 9 Malang yang terbagi dalam 2 kelas yaitu 31 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep usaha-energi dan pemecahan masalah. Data skor pretest dan posttest dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi n-gain uji mann-whitney dan wilcoxon. Analisis kualitatif meliputi pendekatan pemecahan masalah siswa dan kesulitan konsep yang masih nampak setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa kelas eksperimen dengan modeling instruction lebih baik daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (p 0 000). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0 30 (medium) dan kelas kontrol sebesar 0 08 (rendah). Kesulitan siswa yang nampak setelah pembelajaran antara lain (a) siswa masih menganggap bahwa gaya gravitasi masih dipengaruhi oleh kecepatan dan panjang lintasan (b) siswa masih kesulitan dalam menentukan arah dari usaha total oleh beberapa gaya (c) siswa kesulitan memahami hukum kekekalan energi pada benda yang memiliki ketinggian yang sama memiliki kecepatan yang sama. Pendekatan pemecahan masalah siswa meningkat pada semua aspek baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Berdasarkan aspek pendekatan memecahkan masalah siswa kelas eksperimen memecahkan masalah dengan pendekatan lebih baik daripada kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen yang mempergunakan pendekatan scientific cenderung memilih sistem semua objek untuk fenomena yang di dalamnya melibatkan gaya non-konservatif maupun tidak untuk menentukan prinsip fisika yang akan digunakan. Siswa kelas kontrol cenderung menyelesaikan masalah dengan prinsip yang sederhana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/111773 |
Actions (login required)
View Item |